Kota Cirebon Kejar Target Penerimaan Pajak

Wakil Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis.
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis.

(Suara Gratia)Cirebon – Memasuki bulan Agustus 2015 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, berusaha mengejar target peneriman asli daerah. Pasalnya, hingga Agustus 2015 penerimaan pajak asli daerah Kota Cirebon hanya sebesar Rp 12 miliar, jumlah ini masih jauh dari jumlah yang ditargetkan yakni sebesar Rp 28 miliar. Hal ini terungkap dalam rapat evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Selasa 11/8.
Untuk itu, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis merapatkan barisan bersama seluruh elemen seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), notaris, Kanto Pajak Pratama, dan Bank Jawa Barat Banten (BJB) untuk bersama-sama mencapai target penerimaan pajak.
“Karena pendapatan asli daerah Kota Cirebon yang berasal dari PBB dan BPHTB ini merupakan tulang punggung atau pemasukan terbesar,” katanya, Selasa 11/8.
Menurutnya, penerimaan asli daerah Kota Cirebon perlu ditingkatkan karena hingga Agustus ini baru mencapai sekitar 50 persen, sementara target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp 28 miliar.
“Kita punya waktu tinggal 3 bulan lagi untuk mengejar target. Sekarang baru sekitar 50 peresn lebih,” ujarnya.
Melalui rapat evaluasi ini, lanjut Azis, Pemkot Cirebon memiliki strategi untuk mencapai penerimaan pajak yang ditargetkan, salah satunya adalah dengan memberikan waktu fleksibel dalam pelayanan transaksi yang mendatangkan pajak.
“Dalam rapat tadi semua sepkat, tanpa mengesampingkan peraturan yang berlaku, kita memberikan fleksibilitas dalam hal waktu bertransaksi di perbankan. Contohnya adalah, BJB akan tetap melayani transaksi diatas pukul 15.00 dan prosesnya pun dipermudah,” terangnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s