Siswa SD di Cirebon Disambangi Kelas Inspirasi

Deni, salah satu inspirator tengah memberikan motivasi kepada siswa SD Negeri Adi Dharma Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sebanyak 110 relawan dari berbagai profesi memberikan pelajaran kepada siswa Sekolah Dasar. Relawan yang tergabung dalam Kelas Inspirasi Cirebon memberikan motivasi kepada 10 SD di Kota dan Kabuaten Cirebon. Mereka memberikan materi pelajaran sesuai dengan profesinya. Para inspirator diberikan waktu selama 30 menit per kelas, dari kelas 1 sampai kelas 6 secara bergantian.

Panitia Kelas Inspirasi Cirebon, Atiek menjelaskan, Kelas Inspirasi merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menginspirasi murdi SD dengan cara mengundang porfesional untuk berbagi cerita tentang profesi.

“Berbekal kepercayaan kehadiran para profesional membuat anak-anak termotivasi untuk memiliki cita-cita lebih tinggi dan memberikan mereka satu alasan lagi untuk tetap bersekolah,” katanya, ditemui di sela-sela kegiatan belajar di SD Negeri Adi Dharma Kabupaten Cirebon, Selasa 18/8.

Atiek berharap, melalui Kelas Inspirasi seorang profesional memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan, selain itu para siswa memiliki banyak pilihan dalam menentukan cita-cita mereka, karena menurutnya, para siswa dipertemukan langsung dengan orang-orang yang menekuni bidang profesinya masing-masing.

“Di dalam kelas, anak-anak langsung bertatap muka dengan para profesional muda. Kami harap adik-adik ini tidak terpaku pada cita-cita yang itu-itu saja seperti, dokter, polisi, TNI, pilot. Disamping itu, para inspirator dapat melihat langsung kondisi sekolah itu seperti apa,” katanya.

Ia melanjutkan, sekolah yang didatangi oleh inspirator adalah sekolah yang notabene orang tua siswanya berada di kelas ekonomi menengah kebawah.

Sementara, Kepala Sekolah SD Negeri Adi Dharma Kabupaten Cirebon Hj. Euis Aisyah berharap, Kelas Inspirasi dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa dan mendorong mereka untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, serta membebaskan mereka dari kemiskinan.

“Murid di sini jumlahnya 247, hampir seluruhnya orang tua mereka bekerja sebagai buruh, tukang becak, dan pedagang. Kami harap, setelah mendapat motivasi dari relawan Kelas Inspirasi siswa kami memiliki semangat menempuh pendidikan yang lebih tinggi sehingga mereka terbebas dari kemiskinan,” ujarnya.

Salah satu motivator Kelas Inspirasi, Deni mengatakan, seluruh siwa SD dapat menerima materi dengan baik.

“Saya lihat mereka punya motivasi belajar yang tinggi,” katanya.

Menurut pria yang berprofesi sebagai akuntan dan mengurusi perpajakan di Perusahaan Gas Negara ini, mengajar di sekolah sangat menyenangkan karena dengan profesi yang dijalani ia dapat memotivasi orang lain.

“Semoga apa yang saya berikan kepada adik-adik ini dapat bermanfaat,” ujarnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s