Laboratorium Klinik Prodia Kampanyekan Preventive Medicine

Peserta mengikuti dengan antusias seminar yang diadakan Laboratorium Klinik Prodia dengan tema "Yakin Sudah Merasa Sehat?"
Peserta mengikuti dengan antusias seminar yang diadakan Laboratorium Klinik Prodia dengan tema “Yakin Sudah Merasa Sehat?”

(Suara Gratia)Cirebon – Gaya hidup tidak sehat ditambah tingkat stres tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif. World Health Organization (WHO) mencatat bahwa, setiap tahunnya penyakit ini menyebabkan kematian hingga 38 juta orang, dengan 3/4 kasus tersebut terjadi di negara berkembang. Ironisnya 16 juta kematian terjadi pada mereka yang berusia di bawah 70 tahun.

Siapapun dapat mengalami penyakit degeneratif, karena secara alami organ tubuh akan mengalami penuaan dan penurunan fungsi. Biasanya, gejala timbul di uisa 40 tahun ke atas, namun kemunculannya bisa terjadi lebih cepat pada orang dengan gaya hidup tidak sehat. Hal ini terungkap dalam talkshow dengan tema “Yakin Sudah Merasa Sehat?” yang diadakan oleh Laboratorium Klinik Prodia Cirebon, Sabtu29/8.

Regional Head IV Jawa Barat Laboratorium Klinik Prodia, Dr. Mona Yolanda mengatakan, berdasarkan permasalahan tersebut, Laboratorium Klinik Prodia berupaya mengkampanyekan preventive medicine.

“Melalui talkshow yang kita adakan ini, diharapkan masyarakat mulai terbiasa menerapkan pola hidup sehat, mengerti pentingnya preventive medicine, dan mengenal beberapa pemeriksaan kesehatan terkait upaya pencegahan penyakit. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” tuturnya, Sabtu 29/8.

Dr. Mona menjelaskan, penyakit degeneratif adalah jenis penyakit tidak menular (noncommunicable diseases/NCDs) yang muncul seiring dengan proses penuaan seseorang.

“Penyakit tersebut, mewakili proses kemunduran sel-sel tubuh yang berlangsung secara kronis,” terangnya.

Ia melanjutkan, seminar kali ini Prodia memberikan pendekatan yang lebih dalam mengenai prediabetes, dislipidemia, dan prehipertensi. Karena, menurutnya, ketiga gangguan kesehatan tersebut seringkali dianggap remeh oleh masyarakat, padahal apabila dibiarkan maka gangguan tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis bahkan kematian.

“Melalui seminar ini, Prodia mengedukasi masyarakat bahwa pemeriksaan dini sebagai upaya preventive medicine sangat perlu dilakukan kepada anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia,” katanya.

Menurutnya, preventive medicine adalah cara terbaik untuk memastikan kondisi tubuh agar sehat seutuhnya.

“Karena, kualitas hidup seseorang ditentukan oleh kualitas kesehatannya,” tuturnya.

Sementara, salah satu pemateri dr. I Made Astawa mengatakan, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan sangat rendah, bahkan mereka akan memeriksakan kesehatannya ketika jatuh sakit.

“Masyarakat lebih peduli dengan kualitas kebutuhan hidup daripada kesehatan mereka. Contohnya adalah, masyarakat memilih mobil yang paling bagus, mobilnya dirawat rutin ke bengkel terbaik, dikasih oli bermutu tinggi, dan beli bahan bakar yang terbaik untuk mobilnya. Sedangkan, mereka tidak ada waktu untuk periksa kesehatan. Bahkan mereka jarang sekali periksa kesehatan dengan alasan biayanya mahal,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s