Menteri Pertanian Pimpin Panen Raya di Karawang

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kelima dari kiri) dan Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Sutjipto (kelima dari kanan) saat panen raya di Karawang.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kelima dari kiri) dan Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Sutjipto (kelima dari kanan) saat panen raya di Karawang.

(Suara Gratia)Cirebon – Menteri Pertanian Dr, Ir, H. Andi Amran Sulaiman, MP beserta rombongan meninjau sekaligus memimpin panen raya di Desa Mekarsari Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, Jumat (25/9). Turut mendampingi Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf. Sutjipto.

Mentan mengatakan, ditengah kuatnya El Nino, yang memberi dampak kekeringan pada sejumlah wilayah di tanah air, justru hari ini, panen raya dilakukan di area yang luasnya sekitar 500 hektare tanaman padi.

“Luas lahan yang akan dipanen sekitar 7 hektar, di Desa Mekarsari, Kecamatan Bayu Sari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat,” katanya, Jumat 25/9.

Mentan mengaku, bangga dengan keberadaan benih Varietas IPB 3S, karena mampu memberikan sumbangsih yang sangat besar untuk tercapainya program swasembada pangan pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Sutjipto mengatakan, panen raya saat ini terasa istimewa karena di hadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Sutjipto berharap, keberadaan Babinsa yang berperan sebagai pendamping kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Karawang untuk selalu melekat dengan petani guna mengetahui kendala yang di hadapi dan cepat untuk mencarikan solusinya.

“Babinsa diharapkan dapat selalu monitoring dan berkordinasi dengan kelompok tani setempat, agar masalah pertanian dapat secepatnya diselesaikan, sehingga tidak mengganggu program ketahanan pangan,” katanya.

Danrem menambahkan, ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama dan daerah Jawa Barat memiliki potensi menjadi lumbung padi Nasional, oleh karenanya antara Babinsa dan dinas terkait dapat bekerja sama dengan baik.

“Babinsa dalam melaksanakan pendampingan kepada petani agar selalu dikoordinasikan dengan dinas terkait, sehingga dapat memberikan pengetahuan kepada petani tentang cara peningkatan produktifitas hasil pertanian, menuju terwujudnya Jawa Barat sebagai Lumbung Padi Nasional,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dirjen tanaman pangan Ir. Hasil Sembiring, Kepala Badan Karantina Ir. Banun Harpini, Kalitbang Pertanian Dr. M Syakir, BB Padi Kementrian Padi Dr. Aljamir, Waaster Kasdam III/Slw Letkol Inf Ujang, Dandim 0604 Karawang Letkol Arm Wahyu Widodo dan kelompok Tani Kab. Karawang.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s