Keraton Kanoman akan Menggelar Drama Kolosal

Pemeran tokoh utama dalam Drama Kolosal "Cahya Sumirat Dukuh Caruban," dari kiri ke kanan (Hj Fifi Shofiah Efendi, Pangeran Raja Moch Qodiran, Drg. Heru Purwanto, dan Catur Wulan Anggraeni).
Pemeran tokoh utama dalam Drama Kolosal “Cahya Sumirat Dukuh Caruban,” dari kiri ke kanan (Hj Fifi Shofiah Efendi, Pangeran Raja Moch Qodiran, Drg. Heru Purwanto, dan Catur Wulan Anggraeni).

(Suara Gratia)Cirebon – Keraton Kanoman Cirebon pada Sabtu 24 Oktober 2015 mendatang akan menampilkan pagelaran drama kolosal. Drama kolosal yang diberi judul “Cahya Sumirat Dukuh Caruban” ini dimainkan oleh sebanyak 200-an orang dan akan dipusatkan di Alun-alun Area Siti Hinggil Keraton Kanoman Cirebon.Ketua Yayasan Cahya Widi Kesultanan Kanoman Cirebon, Pangeran Raja Mochamad Qodiran mengatakan, drama kolosal ini bercerita mengenai perjuangan rakyat Cirebon untuk memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Galuh.

“Dukuh Caruban pada saat itu masih dibawah kekuasaan Kerajaan Galuh,” tuturnya, Minggu 18/10. Pagelaran kolosal ini disutradarai oleh Pangeran Raja Moch. Qodiran sendiri.
Ia melanjutkan, dalam kisahnya drama kolosal ini terdapat lima tokoh penting dan didukung enam jenis tarian yang berbeda. Masing-masing tarian memiliki nama dan makna yang berbeda pula.
“Tokoh utamanya adalah Syekh Sarif Hidayatullah, Pangeran Cakrabuana, Ratu Pakungwati, Pangeran Cangkuang, dan Nyi Mas Endang Geulis. Dan diiringi oleh enam tarian hasil kreasi sanggar tari binaan Keraton Kanoman,” terangnya.
Ia pun berharap, pagelaran drama kolosal membawa angin segar kepada pecinta seni di Cirebon dan masyarakat pun semakin mengenal budaya asli Cirebon.
“Cirebon kaya akan budaya, saya berharap pagelaran ini akan menumbuhkan rasa memiliki yang tinggi kepada masyarakat terhadap budayanya sendiri,” imbuhnya.
Salah satu tokoh pemeran Ratu Pakungwati yakni Hj Fifi Shofiah Efendi mengatakan, pagelaran kolosal ini sungguh luar biasa karena didukung oleh pemain dan penari dari beberapa sanggar tari Cirebon.
“Pemain, penari, pemain musik, dan sutradaranya semua dari Cirebon,” tuturnya.
Dirinya berharap pagelaran ini berjalan dengan baik, pasalnya persiapannya hanya satu bulan.
“Saya yakin semuanya akan berjalan lancar karena kita persiapannya cuma satu bulan,” ugkapnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s