Belasan Ribu Kendaraan Cirebon Nunggak Pajak

(Suara Gratia)Cirebon – Sedikitnya 19.536 dari 175.939 kendaraan bermotor di Kota Cirebon menunggak pajak dan belum mendaftar ulang. Roda dua mendominasi.
Belasan ribu kendaraan bermotor itu telah menunggak pajak melewati jatuh tempo sejak Oktober 2015.
Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cirebon Wahyu Wibisana mengungkapkan, beragam alasan dikemukakan para pemilik kendaraan untuk menghindari kewajiban membayar pajak.“Ada yang menjual kendaraannya, tapi BPKB-nya belum balik nama. Ada pula yang kendaraannya hilang dicuri, bahkan ada pula yang beralasan ekonomi pas-pasan,” paparnya.
Dia menjelaskan, jika kendaraan dijual dan belum balik nama, pajak kendaraan akan tetap dibebankan kepada pemilik lama. Pajak kendaraan bermotor sendiri ditegaskan dia, merupakan salah satu pemasukan penting dalam upaya mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cirebon.
Setiap tiga bulan sekali pihaknya melaksanakan operasi gabungan bersama kepolisian, khusus kendaraan yang terdaftar di Jawa Barat. Dia menjamin, pemilik kendaraan yang ketahuan belum membayar pajak saat operasi digelar, akan diminta membayar langsung saat itu juga.
“Hanya pajak tahunan yang dibayarkan saat digelarnya operasi gabungan itu,” tuturnya.
Sementara itu, sekitar 900 ribu kendaraan bermotor di Kabupaten Cirebon juga diiketahui menunggak pajak. Jumlah itu terdiri dari kendaraan pribadi, umum, roda dua, roda empat, truk, tronton, maupun angkutan barang.
Hal itu setidaknya diketahui dari operasi terpadu tertib kendaraan bermotor tahun 2015 yang digelar Dispenda Kabupaten Cirebon bersama kepolisian.
“Kami harap para pemilik kendaraan yang masih menunggak pajak kendaraan segera membayar sebelum jatuh tempo, mengingat peruntukan pajak bagi pembangunan daerah,” kata Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Pajak Dispenda Kabupaten Cirebon, Taufik.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s