Toshiba Pasok Turbin Uap PLTU Cirebon

PLTU Kanci Kabupaten Cirebon.
PLTU Kanci Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Toshiba Corporation hari ini (Kamis, 26/11) mengumumkan bahwa mereka akan memasok Turbin Uap dan Generator Ultra-Super-Critical (STG) dengan kapasitas 1,000 MW bagi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon Ekspansi di Indonesia. Toshiba, dengan Mitsubishi Hitachi Power Systems, Ltd dan Hyundai Engineering & Construction Co, Ltd, adalah anggota konsorsium EPC*1 yang telah menerima surat penunjukan dari pemilik sekaligus operator pembangkit, PT. Cirebon Energi Prasarana (CEPR), yang memastikan penunjukan konsorsium EPC sebagai penyedia peralatan bagi pembangkit tersebut.
Turbin Uap dan Generator yang akan dipasok dan diinstalasi oleh Toshiba Merupakan kelas dengan kapasitas terbesar di dunia dan mempunyai efisiensi energi yang tertinggi dari yang ada saat ini. Toshiba juga akan memasok peralatan lainnya termasuk peralatan kontrol untuk pembangkit.PLTU Cirebon, Provinsi Jawa Barat, telah beroperasi sejak bulan Juli 2012 dan dioperasikan oleh PT Cirebon Electric Power dengan investasi dari Marubeni Corporation dan para mitranya. Proyek ekspansi ini dikelola oleh CEPR, sebuah perusahaan bertujuan khusus yang didirikan melalui kepemilikan bersama lima perusahaan, yaitu Marubeni, PT. Indika Energy Tbk, Korea Samtan Co, Ltd, Korea Midland Power Co, Ltd dan Chubu Electric Power Co, Inc yang juga akan membangun dan mengoperasikan pembangkit tersebut. Pengoperasian secara komersial dijadwalkan pada 2020 secara bertahap pembangkit ini akan menjadi pembangkit listrik baru tenaga uap batu bara ultra-super critical terbesar di Indonesia.
Toshiba dipilih untuk memasok Turbin Uap dan Generator ultra-super-critical berkapasitas 1,000 MW berdasarkan kekuatan dari kesuksesan atas kinerja peralatan pembangkit listrik perusahaan tersebut di Indonesia dan rekam jejaknya dalam memasok peralatan pembangkit listrik tenaga uap ultra-super-critical di seluruh dunia.
Kemajuan ekonomi dan peningkatan permintaan mengetatkan kapasitas pasokan listrik di Indonesia, dan pemerintah sedang menggalakkan upaya untuk memenuhi permintaan saat ini dan peningkatan permintaan masa yang akan datang. Toshiba memiliki pengalaman yang kaya dalam pasokan peralatan pembangkit di Indonesia, mulai dari PLTU Gresik pada tahun 1981 sampai PLTU tanjung Jati B di tahun 2012, serta mampu memberikan solusi diversifikasi energi dan teknologi tinggi yang sangat handal yang dapat memberikan kontribusi pada stabilitas dan ketahanan energi.
Dalam upaya untuk menjamin masa depan yang berkelanjutan, Toshiba akan terus memberikan pembangkit listrik dengan efisiensi tertinggi melalui industri terkemuka dari teknologi pembangkit listrik tenaga uap ultra-super-critical dan pembangkit listrik tenaga gas dan uap, dan akan secara aktif terlibat dalam konstruksi pembangkit listrik yang ramah lingkungan.
Bulan Mei lalu, Presiden Direktur Cirebon Energi Power (CEP), Heru Dewanto mengatakan, PLTU Cirebon Unit 2 akan memiliki kapasitas 1×1.000 megawat (MW) lebih besar dibanding tahap I.
Dari sisi teknologi, Unit 2 dipastikan lebih maju dengan ultra super critical boiler (USCB).
“USCB ini pertama kali digunakan di Indonesia dan dirasa lebih ramah lingkungan karena emisi karbondioksidanya lebih rendah enam persen,” ujarnya.
Presiden dan CEO dari Toshiba Corporation Tokyo, Hisao Tanaka pada tahun lalu datang ke Jakarta untuk secara langsung menegaskan komitmen perusahaan untuk Indonesia dan Asia Tenggara. Tanaka telah menyatakan Toshiba berencana menginvestasikan USD 1 miliar di kawasan Asia Tenggara selama 5 tahun, dan berencana melipatgandakan penjualan tahunan hingga USD7 miliar.
“Berkomitmen untuk masyarakat dan berkomitmen untuk masa depan,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s