Tidak Lama Lagi Kota Cirebon Punya Museum

Seminar Storyline Diorama Kota Cirebon, beberapa waktu lalu.
Seminar Storyline Diorama Kota Cirebon, beberapa waktu lalu.

(Suara Gratia)Cirebon – Tidak lama lagi Kota Cirebon akan memiliki museum. Tahun 2016 mendatang, pembangunan museum diorama sejarah Kota Cirebon sudah akan dimulai.

Ketua Tim Perumus Storyline pembangunan museum diorama sejarah Pemkot Cirebon Nurdin M Noe mengatakan, Kota Cirebon memiliki peninggalan seni budaya yang kaya dan sarat nilai sejarah, sudah semestinya memiliki museum.“Sejarah itu harus diketahui generasi muda, agar semangatnya, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bisa diwariskan turun temurun,” kata Nurdin yang juga budayawan Cirebon, Kamis 3/12.
Saat ini, museum yang ada di Kota Cirebon hanya museum benda-benda pusaka milik koleksi keraton, baik Keraton Kanoman maupun Kasepuhan.
Museum ini nantinya akan menampilkan sejarah Pemkot Cirebon yang terbagi dalam lima periodesasi sejarah. Dimulai dari masuknya Laksamana Cheng Ho ke Pelabuhan Cirebon pada masa awal Kerajaan atau Kesultanan Islam Cirebon sampai masa kolonial Belanda, masa penjajahan Jepang dan Kemerdekaan.
“Kemungkinan besar tempatnya di bekas kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Jl.Kebumen, yang lokasinya juga bersejarah,” paparnya.
Menurut Nurdin, saat ini sudah ada delapan alternatif nama museum yang diajukan tim perumus ke Pemkot Cirebon.
“Dari delapan alternatif nama museum yang diajukan tim perumus, nama ‘Lampahing Cirebon’ yang artinya Perjalanan Cirebon mendapat apresiasi paling tinggi,” katanya.
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cirebon Atang Hasan mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengalokasikan anggaran Rp 10 miliar untuk pembuatan museum.
“Alokasi anggaran Rp 10 miliar untuk membangun gedung diorama itu, bisa dicairkan Pemkot Cirebon tahun 2016 mendatang,” ungkapnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s