PT Indocement Gunakan  Teknologi Penangkap Debu Ramah Lingkungan

Fun games dalam Media Gathering PT Indocement Pabrik Palimanan Cirebon.
Fun games dalam Media Gathering PT Indocement Pabrik Palimanan Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar operasionalnya, PT Indocement Palimanan Cirebon menggunakan alat penangkap debu (Dust Collecctor) terbaru. Alat ini diyakini lebih baik dari alat sebelumnya yakni Electrostatic Precipitators (EP). Penggunaan teknologi terbaru merupakan komitmen penerapan teknologi ramah lingkungan dalam proses produksi.

General Manager Operation PT Indocement Pabrik Palimanan Cirebon, Budiono Hendranata menjelaskan, Dust Collector (DT) adalah alat yang berfungsi untuk menangkap debu dan partikel polutan lain yang terkandung dalam gas buang pada proses produksi.
“DT dirancang untuk menangani beban debu volume tinggi yang terdiri dari penangkap debu, sistem pembersih, dan sistem material transport,” terangnya, dalam Media Gathering bersama, Sabtu 5/12.
Ia melanjutkan, sebelumnya alat penangkap debu yang digunakan berjenisElectrostatic Precipitators (EP)  yang menggunakan gaya elektrostatik untuk memisahkan debu dan gas buang. Kini alat itu diganti dengan teknologi terbaru dan lebih ramah lingkungan.
“Sejak 13 November 2015 kami sudah mengganti teknologi EP dengan teknologi terbaru dari Italia yaitu Bag Filter Boldrocchi S.R.L. Teknologi Bag Filter tersebut lebih efektif dalam menangkap debu dibandingkan dengan EP,” katanya.
Menurutnya, dengan penggunaan Bag Filter terbaru berdampak positif pada operasional karena lebih ramah lingkungan dan hemat energi.
“Operasional Plant 9 Pabrik Palimanan Cirebon menjadi lebih baik dan bersih. Selain itu lebih hemat energi karena Bag Filter tidak menggunakan listrik. Bag Filter menggunakan kantong penangkap debu dari bahan Polyphenylene Sulphide (PPS) dan secara teratur debu dibersihkan menggunakan udara kompresor setelah itu debu dikembalikan ke dalam sistem,” ungkapnya.
Lebih lanjut Budiono menambahkan, konversi EP menjadi Filter Bag di plant 9 merupakan yang pertama kalinya terpasang di proses utama pabrik milik Indocement.
“Indocement akan menerapkan teknologi yang sama di pabrik lainya yaitu di Kompleks Pabrik Citeureup Bogor, maupun Kompleks Pabrik Tarjun Kotabaru Kalimantan Selatan,” tutupnya.(Frans C Mokalu)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s