OJK Luncurkan Program “Laku Pandai”

Stand OJK dalam launching LAKU PANDAI di Lapangan Pataraksa, Sumber.
Stand OJK dalam launching LAKU PANDAI di Lapangan Pataraksa, Sumber.

(Suara Gratia)Cirebon – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon meluncurkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI). Launching program ini dikemas dengan kegiatan yang melibatkan interaksi antara masyarakat dan dunia Persatuan Bank Nasional (Perbankan) yaitu jalan santai dan stand sejumlah Bank yanng sudah menjalankan program LAKU PANDAI, di Lapangan Pataraksa Sumber Kabupaten Cirebon, Minggu 6/12.

Kepala Kantor OJK Cirebon Muhamad Lutfi menjelaskan, LAKU PANDAI adalah program penyediaan layanan perbankan agar masyarakat ekonomi menengah kebawah dapat menyimpan uangnya di bank karena untuk membuka rekening ini tidak ada minimal saldo dan setorannya pun bebas.“Dengan uang Rp 1.000 pun masyarakat bisa menabung, mendapatkan bunga, tidak dikenakam biaya administrasi, dan tabungannya dijamin oleh pemerintah,” katanya, Minggu 6/12.
Selain itu, lanjut Lutfi, dengan program ini masyarakat yang ingin menyimpan uangnya tidak usah jauh-jauh pergi ke bank, pasalnya masyarakat dapat melakukan transaksi di agen bank terdekat.
“Masyarakat tidak usah repot-repot dan berpakaian rapih ke Bank, pulang dari sawah pun bisa langsung menabung karena transaksinya bisa dilakukan di agen bank terdekat. Siapapun bisa menjadi agen,” imbuhnya.
Saat ini ada 6 bank yang mendapatkan persetujuan dari OJK sudah melaksanakan program LAKU PANDAI yaitu BTPN, BRI, BCA, Bank Mandiri, BNI, dan BTN.
“Masyarakat yang ingin menjadi agen bank program LAKU PANDAI bisa menghubungi bank yang sudah mendapatkan persetujuan dari OJK,” katanya.
Untuk sementara LAKU PANDAI hanya melayani tabungan saja, namun dalam waktu enam bulan kedepan masyarakat dapat mengakses layanan perbankan lainnya yakni kredit dan asuransi.
“Saat ini kita masih melayani tabungan, untuk kredit dan asuransi konsepnya sudah ada,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s