Stok Pupuk tahun 2016 di Wilayah Cirebon Aman

Manager Humas PT Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan.
Manager Humas PT Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan.

(Suara Gratia)Cirebon – Stok ketersediaan pupuk di Wilayah III Cirebon (Kota/Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Indramayu) aman hingga tahun 2016. Untuk kebutuhan pupuk di Wilayah III Cirebon selama tahun 2015 sebanyak 34.500 ton jumlah yang sudah disalurkan hingga 9 Desember 2015 adalah, pupuk jenis Urea sebanyak 24.266 ton, pupuk jenis NPK 2.734 ton dan pupuk organik sebanyak 2.774 ton.

Sementara, kuota pupuk bersubsidi untuk Jawa Barat tahun 2016 adalah jenis urea 571.490 ton, NPK 336.080 ton, dan pupuk organik sebesar 56.750 ton.
Menurut, Manager Humas PT Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan, rendahnya penyerapan pupuk di Wilayah III Cirebon karena musim hujan yang belum merata dan musim kemarau yang panjang.“Penyerapan pupuk di Wilayah Cirebon masih rendah karena musim hujan yang tidak merata,” katanya, Selasa 15/12.
Ade melanjutkan, Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 130/Permentan/Sr.130/11/2014.
“HET pupuk bersubsidi Tahun Anggaran 2015 untuk urea sebesar Rp 1.800/kg, NPK Rp 2.300/kg, daorganik Rp 500/kg,” terangnya.
Ia mengaku, di lapangan sering terjadi harga pupuk urea lebih mahal dari harga yang sudah ditentukan pemerintah.
“Setelah dilakukan pengecekan ternyata pupuk yang dimaksud adalah pupuk campuran atau pupuk majemuk atau seing disebut pupuk paket,” tuturnya.
Mengenai pupuk palsu yang beredar di pasaran, ia mengimbau kepada masyarakat untuk teliti sebelum membeli, karena pupuk palsu dibuat sangat mirip dengan aslinya.
“Dari kemasan pun kita bisa membedakan mana pupuk asli dengan pupuk palsu yaitu bisa dilihat dari perusahaan pembuatnya kalau yang asli disitu tertulis PT Pupuk Kujang, sedangkan yang palsu CV Kujang apa lah gitu,” katanya.
Ia menambahkan, kebutuhan pupuk di Wilayah Cirebon sebanyak 9.870 ton sementara ketentuan stok di Cirebon sebanyak 3.500 ton.
“Jadi stok ini bisa aman hingga tahun 2016 mendatang,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s