Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016, Polres Cirebon Kota Terjunkan 450 Personel

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Eko Sulistyo Basuki.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Eko Sulistyo Basuki.

(Suara Gratia)Cirebon – Menghadapi Perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, Polres Cirebon Kota menerjunkan sebanyak 450 personel. Ratusan personel tersebut tergabung dalam sandi Ops Lilin Lodaya 2015 dan Tahun Baru 2016 Serta Pengamanan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H/2015 M.
Kapolres Cirebon Kota AKBP Eko Sulistyo Basuki mengatakan, dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2016 pihaknya akan menurunkan sebanyak 450 personel yang terdiri dari unsur Polisi, TNI, Brimob, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom), Ormas, dan unsur Pramuka.“Selain pengamanan Natal dan Tahun Baru sekaligus kami melakukan operasi pengamanan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW,” tuturnya, ditemui usai gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2015 dan Tahun Baru 2016 Serta Pengamanan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H/2015 M di Markas Komando Polres Cirebon Kota, Jumat 18/12.
Eko melanjutkan, kedua hari besar tersebut sangat berdekatan hanya selisih satu hari, oleh karena itu pihaknya akan melakukan pengamanan semakaimal mungkin.
“Mengingat adanya dua kegiatan besar dan insert pengamanan yang memang harus dilakukan lebih awal di Wilayah Hukum Polres Cirebon Kota,” imbuhnya.
Untuk pengamanan kegiatan operasi kali ini mulai Sabtu 19/12, anggota sudah mulai diterjunkan dan pos pengamanan sudah dipasang sebanyak 6 Pos pelayanan khususnya untuk pengamanan Maulid Nabi terlebih dahulu dan selanjutnya akan dilakukan penambahan menjelang kegiatan Ops Lilin Lodaya 2015.
“Besok personel sudah menempati pos pengamanan,” ujarnya.
Selain itu, Satuan Lantas Polres Cirebon Kota juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik rawan kemacetan.
“Dari Sat Lantas akan memberikan sosialisasi rekayasa lalu lintas agar masyarkat memahami pengalihan-pengalihan arus lalu lintas yang kita lakukan,” katanya.
Sementara, Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam amanatnya menyatakan, kegiatan operasi kali ini merupakan kegiatan operasi kemanusiaan, namun tetap mengedepankan tindakan preentif dan preventif.
“Pemerintah Kota Cirebon bekerjasama dengan Kepolisian akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin, namun, tetap mengedepankan upaya pencegahan dan tindakan yang humanis,” katanya.
Azis berharap, masyarakat Kota Cirebon dapat melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan aman dan nyaman.
“Dengan didukung kegiatan intelijen dan kegiatan penegakkan hukum guna menjamin keamanan, kenyamanan, dan ketenteraman bagi seluruh masyarakat Kota Cirebon,” imbuhnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s