Presiden RI Joko Widodo Resmikan Kampung KB di Cirebon

Presiden RI Joko Widodo tengah meninjau Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon.

Presiden RI Joko Widodo tengah meninjau Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Presiden RI Joko Widodo meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Mertasinga Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebo, Kamis 14/1. Dengan diresmikannya Desa Mertasinga sebagai Kampung KB maka diresmikan pula Kampung KB di seluruh Indonesia.
Jokowi menyatakan, Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon ditunjuk sebagai kampung pertama dalam program Kampung KB di Indonesia.

“Jika penunjukkan Desa Mertasinga ini menjadi Kampung KB yang pertama, maka tidak keliru,” katanya, Kamis 14/1.
Menurut data yang diterimanya, penduduk Indonesia saat ini berjumlah 252 juta jiwa, semuanya membutuhkan sandang, pangan, dan kesehatan yang memadai. Jika pertumbuhan penduduk terus meningkat dan tidak bisa dikendalikan maka, menurutnya akan menimbulkan masalah di ketiga bidang ini.
“Seluruh penduduk memerlukan pemenuhan sandang, pangan, dan kesehatan. Oleh karena itu, berkeluarga itu harus direncanakan dan diatur,” terangnya.
Ia melanjutkan, laju penduduk di Indonesia sebesar 1,3 persen per tahun dengan kata lain, setiap tahun Indonesia mendapat tambahan penduduk sebesar 3 juta jiwa.
“Bayangkan setiap tahun kita mendapat tambahan penduduk sebesar itu. Oleh karena itu kenapa program KB kita galakan. Tidak hanya di Indonesia di negara lain pun menginginkan rakyatnya sejahtera,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, rata-rata tingkat kelahiran per perempuan di Indonesia dari tahun 2010 sampai 2015 sebanyak 2,4 anak.
“Artinya setiap ibu-ibu memiliki 2 sampai 3 anak. Nantinya pada tahun 2020 sampai 2030, penduduk usia produktif sangat banyak dan penduduk lanjut usia itu sedikitt. Maka, kita harus menyediakan lapangan pekerjaan yang banyak. Ini merupakan tantangan kita semua,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s