75 Pelajar Cirebon Dilantik Jadi Duta Lingkungan Hidup

Sebanyak 75 pelajar di Cirebon mengikuti pelatihan menjadi Duta Lingkungan Hidup.
Sebanyak 75 pelajar di Cirebon mengikuti pelatihan menjadi Duta Lingkungan Hidup.

(Suara Gratia)Cirebon – Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon, hari ini (Kamis 28/1) melantik Duta Lingkungan Hidup. Setelah, melakukan seleksi kurang lebih selama dua bulan, terpilihlah sebanyak 75 pelajar dari 15 sekolah di Kabupaten Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon. Setelah dilantik, mereka akan menjadi pelopor dan penggerak individu maupun kelompok untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan.

Ketua Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon Cecep Supriatna menyatakan, puluhan pelajar yang dilantik menjadi Duta Lingkungan Hidup selama 6 bulan kedepan akan diberi pelatihan dengan materi berbasis lingkungan.
“Selama satu semester Duta Lingkungan Hidup ini akan dididik bagaimana caranya membuat pupuk dari bahan-bahan organik, mengelola bank sampah, penghijauan, dan materi berbasis lingkungan lainnya,” katanya, Kamis 28/1.
Setelah menjalani pelatihan berbasis lingkungan, Duta Lingkungan Hidup akan mengaplikasikan materi yang didapatnya di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat luas.
“Mereka akan mempraktekan hasil pelatihannya dimulai dari sekolahnya masing-masing lalu ke masyarakat,” ujarnya.
Cecep berharap, duta-duta lingkungan hidup kedepannya dapan mencegah kerusakam lingkungan akibat dari eksplorasi sumber daya alam tanpa dibarengi dengan perbaikan lingkungan.
“Saya harap hasil akhir dari pelantikan duta ingkungan hidup ini adalah mengurangi timbunan sampah, munculnya sekolah-sekolah berwawasan lingkungan, dan generasi muda semakin mencintai lingkungan,” ungkapnya.
Salah satu Duta Lingkungan Hidup dari SMAN Palimanan Kabupaten Cirebon, Muhamad Treysurya mengaku senang dengan julukan yang disandangnya, karena program ini memberikan dampak positif.
“Saya senang jadi Duta Lingkungan Hidup karena melalui program ini saya baru tahu ternyata sampah yang kita buang masih banyak manfaatnya,” katanya.
Ia mengatakan, pertama-tama akan mengajak keluarganya untuk menjaga lingkungan.
“Saya akan mulai dari keluarga saya, lalu teman-teman sekolah dan adik kelas,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s