Kota Cirebon Kini Punya Bank Sampah

Kepala DKP Kota Cirebon Taufan Bharata.
Kepala DKP Kota Cirebon Taufan Bharata.

(Suara Gratia)Cirebon – Untuk mengurangi sampah plastik Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) membuat Bank Sampah. Bank Sampah ini dipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Grenjeng Kecamatan Harjamukti. Di sisni, sampah plastik yang berasal dari limbah rumah tangga dan industri kecil dipilah-pilah menurut jenis dan warnanya. Sementara, proses pemilahan sampah plastik masih mengandalkan tenaga manusia dan pemanfaatannya pun belum sampai ke barang jadi. “Per hari kita mengumpulkan sampah plastik sebanyak 300 kg. Sampah plastik ini dipisahkan secara manual dan belum diolah menjadi barang jadi atau produk yang bisa dijual. Karena membutuhkan biaya yang besar, jadi sementara kita lemparkan ke pabrik-pabrik yang membutuhkan,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cirebon, Taufan Bharata, Selasa 2/2.
Tahun 2016 ini, ia menargetkan sampah plastik sudah bisa dipilah di tingkat RW, sehingga di TPA Grenjeng nantinya berfungsi sebagai Bank Induk Sampah hanya menampung plastik yang siap dijual.
“Tahun ini secara bertahap di tingkat RW sampah itu sudah bisa dipilah. Kemudian kita ambil atau dijemput, ditampung dan disalurkan di Bank Induk Sampah Grenjeng,” imbuhnya.
Menurutnya, pembuatan Bank Sampah merupakan upaya Pemkot Cirebon dalam mengurangi sampah plastik dan mewujudkan program Indonesia Bebas Sampah Plastik Tahun 2020.
“Sekaligus mengimplementasikan program Presiden RI yaitu Indonesia Bersih Sampah Plastik Tahun 2020,” katanya.
Disinggung mengenai daerah lain yang sudah mengenakan harga pada kantong plastik, ia pun akan menerapkan hal yang sama di Kota Cirebon.
“Kita juga kedepan akan seperti itu. Tapi, kita harus memiliki pengolahan sampah plastiknya dulu, yaitu Bank Sampah,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s