Pembangunan PLTU II Cirebon Menunggu Revisi Perda Tata Ruang

President Director Cirebon Energi Prasarana, Heru Dewanto.

President Director Cirebon Energi Prasarana, Heru Dewanto.

(Suara Gratia)Cirebon – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) II Cirebon yang berkapasitas 1 x 1.000 mega watt (MW) masih menunggu revisi Peraturan Daerah (Perda) Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

PT. Cirebon Energi Prasarana selaku pengelola PLTU II Cirebon telah mulai melakukan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) sejak tahun lalu dan ditarget rampung pada Februari 2016 mendatang dengan target kontruksi mulai Mei 2016.President Director Cirebon Energi Prasarana, Heru Dewanto mengatakan, agar Amdal bisa keluar maka perlu ada kesesuaian dengan RTRW sedangkan regulasi tersebut baru dibuat pada 2011 lalu yang artinya untuk mencapai batas waktu 5 tahun baru tercapai akhir 2016 mendatang.
“Kami berharap Presiden Joko Widodo segera menerbitkan Keppres agar proyek pembangunan infrastruktur strategis seperti PLTU tidak terganjal,” katanya saat media gathering kemarin malam, Senin 1/2.
Heru mengungkapkan penandatanganan  Power Purchase Agreement (PPA) dengan PLN dan kerjasama pemanfaatan lahan tidur dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekitar 100-150 Ha telah dilakukan, dan tinggal menunggu revisi Perda RTRW untuk meloloskan izin Amdal agar pencairan dana pinjaman sebesar USD 2 miliar atau senilai Rp 26-Rp27 triliun bisa dicairkan.
“Teknologi yang digunakan sudah tak ada masalah karena memakai teknologi ramah lingkungan yang masuk kategori clean cool teknologi,” ujarnya.
Heru menambahkan jika Keppres tentang revisi RTRW dan Keppres tentang program pembangunan infrastruktur listrik 35.000 MW keluar, maka pemasangan tiang pancang PLTU II Cirebon bisa dilakukan Mei 2016.
“Keluhan soal revisi RTRW telah kami sampaikan kepada presiden, dan langsung mendapat respon cepat dari pemerintah,” tambahnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s