Pemkot Cirebon Dukung Pengembangan Pelabunan

Sekda Kota Cirebon Asep Dedi.
Sekda Kota Cirebon Asep Dedi.

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Pelabuhan. Hal ini terungkap dalam rapat Rencana Induk Pelabuhan (RIP), Selasa 9/2.
Sejauh ini, otoritas pelabuhan hanya menunggu persetujuan RIP oleh (Pemkot) Cirebon maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jika RIP sudah ditandatangani, pengajuan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pun selanjutnya dapat dilakukan.Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Asep Dedi menyatakan, terkait Amdal yang ditunggu-tunggu otoritas Pelabuhan pihaknya akan mempercepat prosesnya sehingga pembangunan pengembangan Pelabuhan bisa segera dilakukan.
“Sekarang kan sudah jelas rencana pengembangn Pelabuhan Cirebon akan dilakukan diawali dengan penyusunan RIP,” katanya, Selasa 9/2.
Pemkot Cirebon sendiri, katanya, menyambut baik pengembangan pelabuhan. Dia mengingatkan, Pelabuhan Cirebon merupakan satu-satunya pelabuhan di Jawa Barat.
“Pelabuhan Cirebon telah menjadi pengungkit ekonomi Jabar, bahkan sebagian Jawa Tengah,” ujarnya.
Dia memperkirakan, berdasarkan RIP, reklamasi pelabuhan akan menjorok ke tengah laut hingga 10 mil. Jarak itu dipandang cukup untuk mengatasi dangkalnya perairan Cirebon yang akan menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal besar dalam jumlah lebih besar.
“Pelabuhan Cirebon diperluas ke laut dengan cara reklamasi,” imbuhnya.
Sementara, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Revolino mengungkapkan, pengembangan Pelabuhan Cirebon dibagi dalam 3 tahap, tahap pertama akan dilakukan reklamasi seluas 50 hektar dan dermaga akan diperdalam 10 m sampai 12 m.
“Saat ini dermaga kedalamannya hanya 5,5 m maka dari itu akan kita keruk, sehingga kapal-kapal besar bisa masuk,” katanya.
Ia memastikan, setelah RIP ditandatangani, rekomendasi dari Pemkot dan Gubernur Jabar selesai maka amdal akan diproses.
“Setelah itu baru kita bisa jalan,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s