Kabupaten Cirebon Targetkan Produksi Bawang Merah 40.000 Ton

Ilustrasi petani bawang merah.

Ilustrasi petani bawang merah.

(Suara Gratia)Cirebon – Tahun 2016 Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon menargetkan produksi bawang merah sebanyak 40.000 ton dan memberikan kontribusi cukup besar untuk stok nasional.
Kabupaten Cirebon sendiri memiliki areal pertanian bawang merah sekitar 4.000 Ha, jika rata-rata hasil produksinya minimal mencapai 10.000 ton/ha untuk beberapa kali panen, maka total produksi bawang merah sepanjang 2016 minimal 40.000 ton. Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Ali Efendi mengatakan, petani bawang merah kini lebih berhati-hati saat memulai produksi agar tidak terjadi kelebihan stok saat sedang panen raya.
Dia menuturkan melalui kelompok petani, Pemkab Cirebon terus mendorong agar petani melakukan penanaman bawang merah secara bergiliran sehingga harga di pasaran tetap terjaga dan petani tidak mengalami kerugian seperti yang kerap dialami tahun-tahun sebelumnya.
“Resiko dari tanam bergilir, memang ada beberapa waktu tertentu harga bawang cukup tinggi akan tetapi tidak berlangsung lama,” katanya, Selasa (1/3).
Ali mengungkapkan, kelebihan stok merupakan hal yang sangat dihindari petani bawang merah karena menyebabkan kerugian cukup besar karena menyebabkan harga di pasaran sangat murah, selain itu pada sektor pertanian resiko yang ditimbulkan oleh perubahan cuaca pun perlu diminamilisir.
“Kelebihan pasokan bawang merah inilah yang kami coba minimalisir melalui program tanam bergilir sehingga pasokan stabil,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s