Harga Cabai Merah di Cirebon Naik

Ilustrasi cabai merah.
Ilustrasi cabai merah.

(Suara Gratia)Cirebon – Harga cabai merah di Cirebon kembali melonjak. Di Pasar Pagi Kota Cirebon saja harga cabai mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu per kilogram.

Salah seorang penjual sayuran di pasar Pagi, Yunda mengatakan, kenaokan harga cabai sudah terjadi sejak hari ini (Kamis 3/3).
“Mulai hari ini harga cabe merah naik lagi,” ujarnya, Kamis 3/3. Menurut Yunda, selain harganya yang naik pasokan cabai merah pun terus menipis. Biasanya per hari mendapat pasokan 2 hingga 3 karung cabai merah. “Tapi sekarang hanya bisa mendapatkan pasokan 1 karung,” katanya.
Dengan semakin mahalnya harga cabai merah penjualannya pun terus menurun. Pelanggannya tetap membeli dengan harga lama walaupun mereka mengeluh dengan semakin sedikitnya cabe yang didapat. “Mereka biasanya beli 2 ribu. Tapi sejak harga cabai naik jadi mengurangj,” imbuhnya.
Sementara itu Nurul, warga Cangkring Kelurahan/Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon mengaku kaget dengan harga cabai merah yang melambung tinggi. “Tadi pagi saya ke pasar, beli cabai merah Rp 2 ribu, dapatnya lebih sedikit dari biasanya” katanya.
Dari Rp 2 ribu itu dia hanya mendapat 4 buah cabai merah. “Sekarang satu cabai harganya jadi Rp 500,” katanya.
Menurur Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ali Efendi, memasuki musim hujan ini petani cabai banyak yang rugi.
“Musim hujan menyebabkan cabai cepat membusuk” katanya.
Untuk menjaga agar pasokan cabai merah tetap terjaga, khususnya untuk di Kabupaten Cirebon, pihaknya akan memberikan bantuan. Bantuan ini akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Cirebon yang peruntukkannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok. Bisa untuk membeli benih, bisa juga untuk membeli pupuk dan lainnya.
“Kami memiliki anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Masing-masing kelompok akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 28 juta,” terangnya.
Namun Ali pun mengakui jika dana sebesar itu tidak mencukupi untuk seluruh kelompok tani cabai merah yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon.
Karenanya sebelum bantuan diberikan terlebih dahulu akan dilakukan verifikasi terhadap kelompok tani tersebut.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s