April 2016 Iuran BPJS Naik

BPJS Kesehatan Cabang Cirebon sosialisasikan Perpres nomor 12 Tahun 2013.
BPJS Kesehatan Cabang Cirebon sosialisasikan Perpres nomor 12 Tahun 2013.

(Suara Gratia)Cirebon – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Cirebon, mensosialisasikan kenaikan iuran kesehatan kepada masyarakat sebagaimana peraturan presiden nomor 19 tahun 2016 menggantikan Perpres nomor 12 tahun 2013.

“Kami memberikan informasi kepada masyarakat karena ada beberapa perubahan penting yang perlu diketahui,” kata Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Iwan Kustiawan , Rabu 16/3.Ketentuan yang harus diketahui masyarakat yaitu diantaranya, penambahan kelompok peserta pekerja penerima upah (PPU) dan penyesuaian hak kelas perawatan peserta.
Untuk anggota PPU di antaranya, pimpinan dan anggota dewan, PNS, anggota TNI, anggota Polri, Pejabat Negara dan Pegawai pemerintah non pegawai negeri.
“Masing-masing itu membayar iuran 5 persen dari gaji atau upah per bulannya,” terangnya.
Iwan melanjutkan, untuk penyesuaian hak kelas perawatan sebagai berikut, untuk perawatan ruang kelas II pekerja yang gajinya Rp 4 juta, sedangkan perawatan kelas I peserta yang mempunyai gaji diatas Rp 4 juta.
“Itu untuk PPU yang ada perubahan setelah adanya perpres,” ujarnya.
Sementara, untuk pelayanan sendiri, setelah adanya peraturan itu, akan adanya peningkatan manfaat pelayanan kesehatan yaitu, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan
Penyesuaian rasio distribusi peserta dengan rasio 1:5.000, dengan distribusi peserta yang lebih merata, sehingga layanan kepada masyarakat lebih baik. Peningkatan akses pelayanan, penambahan manfaat pelayanan kesehatan yang dirasakan masyarakat.
“Pelayanan kesehatan akan ditingkatkan, agar pelayanan masyarakat bisa lebih baik lagi,” tuturnya.
Untuk penyesuaian iuran peserta peserta yang didaftarkan pemerintah daerah sebesar Rp 23.000 per orang per bulan, iuran PPU 5 persen dari gaji.
“Sedangkan untuk kategori peserta pekerja bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja, yang kelas III menjadi Rp 30.000, kelas II menjadi Rp 50.000 dan kelas I Rp 80.000,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s