Sabu-sabu 46 kg Diselundupkan Lewat Jalur Laut

Kapal Bahari 1 tengah bersandar di Pelabuhan Cirebon.
Kapal Bahari 1 tengah bersandar di Pelabuhan Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sabu-sabu sebanyak 46 kilogram diduga kuat diselundupkan melalui jalur laut. Barang haram ini diselundupkan melalui kapal cargo Bahari 1 yang mengangkut sagu dengan jalur pelayaran dari Selat panjang Riau menuju Cirebon. Kapal ini sendiri sudah bersndar di Pelabuhan Cirebon sejak Sabtu 12/3 lalu.Setelah tim Mabes Polri melakukan penyidikan, para tersangka melakukan bisnis terlarang ini dengan membagi fungsi tugas yang berbeda, diantaranya Mr yang disinyalir sebagai penjemput barang dari kapal di Pelabuhan Cirebon, Penyimpang/Orang Gudang sekaligus pendistribusian, FPS  sebagai penjemput barang dari kapal di Pelabuhan Cirebon, Penyimpang/Orang Gudang sekaligus pendistribusian, dan WL sebagai  pengantar barang ke arah Jakarta untuk konsumen bersama kedua tersangka.
Sementara, Kepala Seksi Penindakan dan Kepatuhan Bea Cukai Cirebon Indra Wijaya menyatakan, tidak mengetahui kapal barang itu berisi narkoba.
“Tidak tahu ada narkoba keluar dari pelabuhan,” katanya, Jumat 18/3.
Pihaknya pun tidak memiliki kewenangan memeriksa kapal tersebut.
“Kapal antar pulau bukan kewenangan kami, kami hanya menangani kapal ekspor impor dan kapal pengangkut tembakau,” imbuhnya.
Saat ini kapal yang bersandar di Dermaga 1 Muara Jati Pelabuhan Cirebon, belum diberi garis polisi.
“Kami akan memasang garis polisi jika suda ada perintah dari Mabes,” kata anggota Unit Penegakkan Hukum Polair Polda Jabar Iptu Casanto.
Sebelumnya, Direktorat Narkoba Mabes Polri menangkap tiga orang terduga pengedar narkoba jaringan internasional. Petugas menangkap ketiganya dalam penggerebekan di sebuah perumahan Bumi Citra Lestari Blok A 2 Kelurahan Wanacala Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Kamis 17/3 kemarin.
Dari penggerebegan itu petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu 46 koligram, 200 ribu butir pil ekstasi,1 Unit Toyota Rush warna hitam B 2129 J, 3 buah alat press, 2 buah timbangan, 2 gulung besar alumunium foil, 1 dus nomor simpati berisi 45 nomor perdana, dan seperangkat alat hisap sabu-sabu.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s