Tim Mabes Polri Geledah Kapal Bahari 1

Mabes Polri menggeledah kapal Bahari 1 dengan mengerahkan anjing pelacak.
Mabes Polri menggeledah kapal Bahari 1 dengan mengerahkan anjing pelacak.

(Suara Gratia)Cirebon – Sabu-sabu seberat 5 gram kembali ditemukan di Kapal Bahari 1 yang bersandar di Pelabuhan Cirebon. Barang haram ini ditemukan setelah tim Direktorat Narkoba Mabes Polri menggeledah kapal tersebut dengan mengerahkan dua anjing pelacak selama kurang lebih dua jam.
Sabu-sabu tersebut ditemukan di ruang kemudi diselipkan diantara sejumlah perkakas, Sabtu 19/3.

Penyisiran yang dibantu anjing pelacak dilakukan oleh empat personel dari Direktorat Narkoba mulai pukul 15.30 sampai 17.30, disaksikan oleh sejumlah petugas dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon, dari kepolisian setempat serta Polair Polda Jabar.
Humas KSOP kelas II Cirebon, Dani Djaelani membenarkan, kapal Bahari 1 digeledah Mabes Polri.
“Tim Mabes Polridari melakukan koordinasi dengan kami, bahkan secara resmi dan tertulis mengajukan permohonan,” katanya, Sabtu 19/3.
Menurut Dani, permohonan yang diajukan yakni penggeledahan untuk melakukan pengembangan penyidikan dan agar KSOP tidak menerbitkan surat persetujuan berlayar selama proses hukum dilakukan.
“Tapi ini bukan penahanan, hanya penundaan pemberangkatan sementara,” imbuhnya.
Sementara, menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon Yayat Sosyana, perairan Cirebon perlu diawasi lebih ketat lagi karena jalur laut merupakan akses yang terbilang mudah untuk penyelundupan narkoba.
“Temuan tersebut sangat mengejutkan, karena baru kali ini ditemukan narkoba dalam jumlah sebesar itu di Kota Cirebon,” ungkapnya.
Kasus ini menjadi indikasi Kota Cirebon berpotensi besar sebagai daerah sasaran pengedar narkoba, baik jaringan nasional maupun internasional.
“Sebelumnya jalur udara banyak digunakan, tapi belakangan jalur laut mulai banyak dimanfaatkan. Biasanya mereka memanfaatkan nelayan yang tengah beraktivitas di tengah laut untuk menyelundupkan narkoba ke kapal besar sampai di pelabuhan,” paparnya.
Diberitakan sebelumnya, Direktorat Narkoba Mabes Polri berhasil menyita 46 kg narkoba jenis sabu sabu dan 200 ribu butir ekstasi.
Sabu sabu dan ekstasi tersebut berasal dari Malaysia dan masuk ke Cirebon melalui Pelabuhan Cirebon dari Pelabuhan Selat Panjang, Riau diselundupkan melalui kapal kargo Bahari 1 yang mengangkut sagu.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s