Kelompok Radikal Masuk Melalui Pendidikan Formal

KH. Maman Imanulhaq, Ketua Steering Commitee (SC) Musabaqoh atau Lomba Kitab Kuning.

Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKB Maman Imanulhaq.

(Suara Gratia)Cirebon – Keberadaan kelompok radikal di Indonesia disinyalir masuk melalui pendidikan. Perlahan tapi pasti institusi pendidikan disusupi ajaran-ajaran kebencian dan kekerasan terhadap kelompok tertentu. Menurut Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq, dunia pendidikan terutama sekolah dasar dan menengah merupakan area yang rawan disusupi ajaran-ajaran radikal.“Misalnya di Aceh ada sekolah negeri yang memaksa murid beragama kristen untuk belajar agama islam, lalu ada sekolah negeri di Cianjur yang melarang siswanya hormat kepada bendera marah putih,” katanya, ditemui seusai menghadiri Musabaqoh Kitab Kuning di Cirebon, Kamis 31/3.
Menurutnya, kalau hal ini dibiarkan dan dianggap biasa oleh masyarakat maka Indonesia bisa menjadi seperti Pakistan.
“Kalau kita menganggap ini adalah hal biasa, ingat Pakistan 20 tahun lalu seperti kita di Indonesia sekarang. Pakistan hanya butuh waktu 2 tahun untuk hancur seperti sekarang,” tuturnya.
Maman menegaskan, jangan pernah anggap remeh kelompok radikal karena akan menjadi duri dalam daging dan bom waktu bagi masyarakat Indonesia yang cinta damai.
“Jangan anggap remeh kelompok intoleran, mereka akan menjadi bom waktu yang seketika bisa meledak menghancurkan keindonesiaan kita yang damai,” pungkasnya.
Untuk mencegah embrio paham radikal di dunia pendidikan, ia pun mendorong pemerintah melakukan sosialisasi mengenai pendidikan kewarganegaraan.
“Kita akan mendorong anggaran pendidikan sebesar Rp 409 triliun agar dimanfaatkan secara positif oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama. Kita pun sudah mengusulkan agar kepala badan penanggulangan teroris bekerjasama dengan Muhamadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) agar kotbah-kotbah keagamaan itu diisi dengan kotbah yang toleran,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s