Pekerja Rumah Kerang Cirebon Tuntut Kesejahteraan

FSBM melakukan aksi demontsrasi di depan pabrik Rumah Kerang.

FSBM melakukan aksi demontsrasi di depan pabrik Rumah Kerang.

(Suara Gratia)Cirebon – Pekerja CV Multi Dimensi (Rumah Kerang) yang tergabung dalam Forum Serikat Buruh Merdeka (FSBM) melakukan demonstrasi. Sejumlah tuntutan pun dilayangkan pada pabrik yang memproduksi kerajinan berbahan dasar kulit kerang tersebut diantaranya adalah, menghapus sistem kerja kontrak atau harian lepas, memberlakukan sistem upah sesuai Upah Minimum Regional sebesarp Rp 1.592.220 per bulan, penjaminan asuransi kesehatan bagi pekerja, dan lainnya.

Kordinator FSBM Cirebon Johan menyatakan, aksi unjuk rasa ini sebagai ungkapan kekesalan selama belasan tahun karena tingkat kesejahteraan tidak berubah. Sejak perusahaan yang berada di Desa Astapada Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon ini berdiri, para pekerja tidak kunjung diangkat menjadi pegawai tetap.
“Sejak pabrik ini berdiri sekitar tahun 200-an, kami sudah bekerja bertahun-tahun sebagai pekerja harian lepas, tidak diangkat menjadi pegawai tetap. Tidak ada Tunjangan Hari Raya (THR) dan cuti,” ungkapnya, Senin 4/4.
Menurut Johan, CV Multi Dimensi berdiri sejak tahun 2000, berkembang sangat pesat hingga mengekspor komoditasnya ke pasar dunia namun, terjadi kesenjangan yang sangat tajam dengan nasib para buruhnya.
“Upah para buruh sebanyak 230 orang yang menghasilkan Dollar bagi perusahaan sangat minim,” katanya.
Pemerintah Kabupaten Cirebon menetapkan upah tahun 2016 sebesar Rp 1.592.220 per bulan atau Rp 53.740 per hari. Namun, di perusahaan ini pekerja laki-laki dan perempua upahnya berbeda.
“Perempuan upah perharinya Rp 25.000 sedangkan laki-laki Rp 40.000 sampai Rp 45.000 per hari, saya juga heran kenapa bisa berbeda,” imbuhnya.
Perubahan sistem pengupahan dari harian menjadi borongan pun tidak memperbaiki nasib para buruh.
“Tadinya harian sekarang hitungannya borongan, tapi malah upahnya lebih kecil dari upah harian,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s