Kapolri Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Narkoba di Cirebon

Kapolri Jendral Pol Badrodin Haiti (ke empat dari kiri) bersama Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ke empat dari kanan), BNN, Ditjen Bea Cukai, Kemenhub, Kemenkumham.

Kapolri Jendral Pol Badrodin Haiti (ke empat dari kiri) bersama Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ke empat dari kanan), BNN, Ditjen Bea Cukai, Kemenhub, Kemenkumham.

(Suara Gratia)Cirebon – Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti memimpin pemusnahan barang bukti kejahatan berupa Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (Narkoba) di Dermaga 1 pelabuhan Cirebon, Rabu 6/4. Narkoba tersebut hasil dari Operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) selama 30 hari dari tanggal 21 Maret sampai 20 April 2016. Selain itu, Mabes Polri juga berhasil menangkap sebanyak 46 tersangka pengedar narkoba jaringan internasional.
Operasi Bersinar sendiri gabungan Polri dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), Ditjen Bea Cukai, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenhumkam).Kapolri mengatakan, barang bukti narkoba itu didapat dari sejumlah penangkapan dalam Operasi Bersinar dari bandar jaringan interasional.
“Hari ini kita musnahkan barang bukti narkoba sebanyak 144 kg sabu-sabu kristal, 44,6 kg sabu-sabu cair, 197.874 butir pil ekstasi, 579 ton ganja dari sekitar 200 hektar ladang ganja, dan satu kapal besi Bahari I,” ungkapnya, Rabu 6/4.
Jaringan internasional yang berhasil ditangkap adalah jaringan Iran, Belanda, dan China.
“Barang-barang ini dari China masuk melalui Malaysia lalu ke Indonesia dari Bandara Soekarno Hatta,” katanya.
Menurutnya, dari pemusnahan barang bukti itu setidaknya sebanyak 1,9 juta orang terselamatkan dari bahaya narkoba.
“Saat ini pengguna narkoba di Indonesia mencapai angka 4,5 juta orang. Ini angka prevalensi yang cukup tinggi sebanyak 2,3 persen,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s