PMI Kota Cirebon Butuh 3 ribu Kantung Darah

Aksi sosial donor darah pada salah satu perusahaan swasta di Kota Cirebon.

Aksi sosial donor darah pada salah satu perusahaan swasta di Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon setidaknya membutuhkan 2 ribu hingga 3 ribu kantung darah per bulan. Kebutuhan ini untuk mememuhi permintaan darah pada 50 rumah sakit di Wilayah III Cirebon, Brebes dan Tegal Jawa Tengah. Sementara darah yang masuk dalam stok PMI sebanyak 60-80 kantung per hari.
“Hal ini sangat jauh dengan kebutuhan kita per bulan,” kata Seksi Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Kota Cirebon, Ismail Saleh, Kamis 7/4.

Ia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan darah yang selisihnya sangat jauh itu pihaknya menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi.
“Kita harus jemput bola kerjasama dengan sekolah-sekolah, kantor pemerintahan, lembaga keagamaan, perusahaan swasta, dan lainnya. Termasuk donor darah di car free day dan dari RW ke RW,” tuturnya.
Ia menjelskan, stok darah yang di dapat dari kegiatan sosial donor darah pun cepat sekali terserap karena kebutuhannya sangat tinggi.
“Kita dapat donor ini saja bisa langsung habis hari itu juga,” katanya.
Paling tidak setiap orang pasien membutuhkan 4-5 kantung darah, itu pun tergantung dari jenis penyakit yang di deritanya, kebutuhan paling tinggi diakuinya pada pasien penderita demam berdarah.
“Dalam satu kali donor satu orang hanya satu kantung darah, sementara satu pasien bisa menghabiskan 4 kantung darah,” ungkapnya.
Untuk menutup kekurangan stok darah ketika keadaan mendesak dan stok darah kosong, pihaknya meminta keluarga pasien untuk mendonasikan darahnya.
“Kalau stok kita lagi kosong dan pasien membutuhkan, kita cari donor pengganti. Jadi, donornya kita cari dari keluarga pasien itu sendiri,” katanya.
Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan darah paling tidak stoknya sebanyak 100 kantung darah dalam satu hari.
“Sesuai dengan permintaan stok darah minimal 100 labu per hari,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s