KSOP Cirebon Tangkap Kapal Berbendera Mongolia

Kepala KSOP Kelas II Cirebon, Revolindo (tengah) dengan latar belakang kapal MT. BIZEN MARU di Pelabuhan Muara Jati Cirebon.

Kepala KSOP Kelas II Cirebon, Revolindo (tengah) dengan latar belakang kapal MT. BIZEN MARU di Pelabuhan Muara Jati Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon menangkap kapal asing pengangkut minyak berbendera Mongolia di perairan Indramayu. Kapal bernama MT. Bizen Maru, ditangkap petugas karena tidak memiliki dokumen resmi dan awak kapal tidak memiliki sijil atau tidak terdaftar di dukomen pelayaran.

“Kapal ini kami tangkap pada tanggal 17 Maret 2016 di perairan Balongan Indramayu sekitar pukul 09.00 Wib. Karena tidak dilengkapi dengan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan awak kapalnya tidak terdaftar. Kapal juga tidak dipasangi tanda pandaftaran kapal,” kata Kepala KSOP Kelas II Cirebon, Revolindo, ditemui setelah memeriksa kapal itu di Pelabuhan Muara Jati Cirebon, Jumat 8/4.
Revo menyatakan, kapal MT. BIZEN MARU berbendera Mongolia mengangkut Kondensat sebanyak 68.867 liter, diawaki oleh 9 orang Warga Negara Indonesia dan dinahkodai oleh Hiswan (30 Tahun) warga Kota Palopo Sulawesi Selatan.
“Kondensat itu diambil dari salah satu kapal tanker yang ada di Indramayu dan tidak jelas mau dibawa kemana,” pungkasnya.
Pihaknya menaruh curiga, karena setelah dipanggil berkali-kali melalui radio VHF Chanel 16, tidak ada jawaban.
“Kita amankan menggunakan kapal patroli KN. P.588 milik Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Indramayu,” ungkapnya.
Sebelumnya, kapal itu sudah diamati selama kurang lebih dua bulan, karena terlihat bolak-balik di perairan Indramayu tanpa arah yang jelas.
“Sudah dua bulan di pantau, karena waktu itu cuaca ekstrim sehingga petugas kami tidak bisa mendekat,” tuturnya.
Sementara, nahkoda kapal mengaku, hanya melaksanakan perintah dari atasannya untuk membawa kapal tersebut, tanpa merinci dari mana dan mau kemana kapal itu dinahkodai.
“Saya cuma mematuhi arahan dari atasan saya di Jakarta. Selebihnya tidak tahu,” katanya.
Kapal itu selanjutnya di Ad-Hoc ke Dermaga Pelabuhan Muara Jati Cirebon untuk pemeriksaan lebih lanjut.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s