Kota Cirebon Kekurangan Tenaga Kebersihan

Salah satu petugas kebersihan tengah membersihkan sampah yang berserakan di Jl.Siliwangi Kota Cirebon.

Salah satu petugas kebersihan tengah membersihkan sampah yang berserakan di Jl.Siliwangi Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Kota Cirebon kekurangan tenaga kebersihan. Padahal, ketersediaan tenaga kebersihan sekarang sudah tidak sebanding dengan tuntutan menjaga kebersihan jalan-jalan protokol. Kota Cirebon sendiri saat ini hanya memiliki sebanyak 123 petugas kebersihan.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cirebon, M Taufan Bharata mengakui, akibat dari kurangnya tenaga kebersihan jalan-jalan di Kota Cirebon terlihat kotor dan tidak terurus.

“Sekarang ini ada 123 petugas kebersihan. Idealnya, untuk membersihkan jalan umum se-Kota Cirebon dibutuhkan minimal 200 tenaga kebersihan,” katanya, Selasa 26/4.
Dengan jumlah personil yang ada, hanya mampu membersihkan jalan-jalan protokol saja.
“Kebersihan gang-gang rumah warga belum terjangkau karena kita kekurangan tenaga kebersihan. Tanggung jawab kebersihan jalan-jalan pemukiman penduduk kita serahkan kepada warga masing-masing,” imbuhnya.
Taufan mencontohkan, Jalan Cipto Mangunkusumo sepanjang sekitar 2-3 km hanya dibersihkan oleh dua orang petugas kebersihan saja.
“Jl. Cipto kan jalan utama disana banyak kantor, pusat perbelanjaan, pemukiman penduduk, dan pohon di sisi kanan kiri jalannya pun rindang. Yang membersihkan hanya dua orang, jadi wajar saja jalan itu terlihat kotor,” ujarnya.
Sedangkan, DKP sendiri dituntut menjaga kebersihan Kota Cirebon selama 24 jam.
“Tanggungjawab kita adalah menjaga kebersihan kota ini selama 24 jam,” katanya.
Dia mengakui, honor yang diberikan kepada para petugas belum sebanding dengan tugas yang diemban. Namun dia meyakinkan, honor yang diberikan telah disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing-masing.
“Sebagian petugas kebersihan ada yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Tapi sebagian lagi pekerja tidak tetap,” cetusnya.
Pihaknya berharap, tahun depan pemkot memberi tambahan petugas kebersihan.
“Kalau jumlah petugas kebersihannya mencukupi saya yakin Kota ini akan terlihat bersih dan terawat,” tuturnya.
Sementara itu, Wali kota Cirebon Nasrudin Azis mengintruksikan, petugas kebersihan di lingkungan DKP meningkatkan kinerja dalam menjaga kebersihan.
“Petugas  kebersihan harus setiap hari  meningkatkan kinerjanya. Tapi saya berterima kasih karena menjadi kunci keberhasilan kota Cirebon dalam menjaga kebersihan kota agar terlihat indah dan rapi,” ungkapnya.
Azis berjanji akan meningkatan kesejahteraan petugas kebersihan dengan menaikkan honor.
“Honor petugas kebersihan akan dibahas lebih lanjut dalam APBD Perubahan pada pertengahan tahun ini,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s