Jelang Idul Fitri, Kabupaten Kuningan Kontrol Harga Kebutuhan Pokok

Rapat kordinasi antara Pemkab Kabupaten Kuningan, TPID, dan Bank Indonesia di Ruang Rapat Linggarjati Kantor Pemkab Kuningan.

Rapat kordinasi antara Pemkab Kabupaten Kuningan, TPID, dan Bank Indonesia di Ruang Rapat Linggarjati Kantor Pemkab Kuningan.

(Suara Gratia)Cirebon – Melambungnya harga-harga kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan. Untuk menjaga harga kebutuhan pakok tetap stabil, Pemkab Kuningan berkoordinasi dengan seluruh Camat untuk menekan laju inflasi di wilayahnya.

Menurut Wakil Bupati Kuningan Acep Purnama, Camat merupakan ujung tombak yang langsung berhubungan dengan masyarakat agar tetap menjaga ekspektasi terutama menjelang hari Raya Idul Fitri 1437 H, supaya harga kebutuhan pokok tetap terkendali.“Rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kali ini bertujuan untuk merefresh pengetahuan kembali pentingnya pengendalian inflasi di daerah terutama kepada para camat se-Kab Kuningan,” kataya, Jumat 29/4.
Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kuningan, Agus Sadeli mengatakan, pihaknya akan memonitor harga-harga komoditas dengan melakukan survei di sejumlah pasar di Kabupaten Kuningan.
“Setidaknya mampu menjadi tools terkait komoditas apa saja yang perlu diperhatikan kenaikan harganya, sehingga sebelum terjadi kenaikan harga secara signifikan dapat dilakukan upaya preventif,” terangnya.
Selain itu, Disperindag bersama dengan bagian Perekonomian Kab Kuningan menyediakan running text terkait informasi harga komoditas, agar masyarakat mengetahui harga komoditas.
“Melalui running text, diharapkan masyarakat mendapat informasi terkait harga komoditas. Sehingga masyarakat tidak dipermainkan oleh pemain harga, karena mereka mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya,” pungkasnya.
Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Rawindra Ardiansah, menambahkan, koordinasi semacam ini diharapkan lebih sering dilaksanakan bukan hanya di Kabupaten Kuningan namun Kabupaten lainnya di wilayah Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning).
“Melalui koordinasi yang intens akan terwujud pengendalian harga yang optimal pada akhirnya dapat membantu kesejahteraan masyarakat,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s