Jelang Libur Panjang Tol Cipali akan Dipadati Kendaraan

Antrian panjang kendaraan memasuki Gerbang Tol Palimanan.

Antrian panjang kendaraan memasuki Gerbang Tol Palimanan.

(Suara Gratia)Cirebon – Memasuki libur panjang 5 Mei sampai 8 Mei 2016 mendatang, volume kendaraan di Tol Cikampek – Palimanan (Cipali) diprediksi meningkat.
Peningkatan jumlah kendaraan diprediksi meningkat 2-4 kali lipat dari hari biasa. Untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di tol Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator jalan Tol Cipali menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasinya.

“Arus kendaraan keluar dari Jakarta dan sekitarnya melalui Tol Cipali pada libur panjang 5-8 Mei 2016 nanti, kami perkirakan akan mengalir sejak Rabu (4/5) sore hingga Jumat (6/),” ungkap Wakil Direktur Utama PT LMS, Hudaya Arryanto, Senin 2/5.
Pihaknya memprediksi, peak traffic yang masuk ke Gerbang Tol (GT) Cikopo mencapai sekitar 30 ribu kendaraan setiap hari. Jumlah itu dua kali lipat dari volume normal yang berkisar 12 ribu hingga 15 ribu kendaraan setiap hari.
Dia menyebutkan, arus balik menuju wilayah Jakarta diperkirakan akan terkonsentrasi sejak Sabtu (7/5) siang hingga Senin (9/5) dini hari.
“Puncak traffic yang keluar melalui GT Cikopo diperkirakan sekitar 38 ribu kendaraan setiap hari atau 2,5 kali volume normal,” ungkapnya.
Pihaknya akan membuka maksimal gerbang-gerbang tol utama sesuai fluktuasi lalu lintas. Gerbang-gerbang itu yakni 15 gardu di GT Cikopo dan 11 gardu di GT Palimanan.
“Ditambah enam gardu satelit tambahan,” imbuhnya.
Petugas tol pun akan ditambah dari 90 personil menjadi 140 personil. Selain itu, ditambahkan pula persediaan uang kecil untuk kembalian pembayaran tol agar tidak terjadi antrian panjang.
“Kami berharap masyarakat dapat membantu mempercepat transaksi di gerbang-gerbang Tol Cipali dengan menyiapkan uang pas atau dengan membayar non-tunai menggunakan kartu. Selain itu, masyarakat yang ingin liburan agar mengatur jadwal perjalanannya untuk mencegah kemacetan, khususnya saat arus balik,” tuturnya.
Sebagaimana diketahui, jalan Tol Cipali sepanjang 116,75 kilometer yang diresmikan Juni 2015 merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia.
“Cipali merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa, yang melintasi lima kabupaten di Jabar yakni Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon,” tutupnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s