PG Rajawali II Fasilitasi KUR untuk Petani Tebu

Musyawarah Daerah Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Jawa Barat.

Musyawarah Daerah Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Jawa Barat.

(Suara Gratia)Cirebon – Petani tebu di Cirebon akan difasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh PT Pabrik Gula (PG) Rajawali II Cirebon. PG Rajawali II pun akan menggandeng sejumlah bank untuk penyaluran dana tersebut, namun baru Bank BNI yang menyatakan kesiapannya.
Menurut, Direktur Utama PG Rajawali II Cirebon Agus Siswanto, selama musim tanam 2016 – 2017 plafon pinjaman KUR yang dialokasikan BNI utuk petani tebu rakyat sebesar Rp 300 miliar.

“Plafon pinjaman maksimal Rp 500 juta ” katanya, Selasa 3/5, ditemui usai menghadiri Musyawarah Daerah Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Jawa Barat.
Agus melanjutkan, yang berhak mendapatkan KUR harus memenuhi sejumlah persyaratan diantarnya adalah, petani sudah menjadi anggota koperasi petani tebu, koperasi penyalur KUR minimal berusia dua tahun, dan koperasinya pun harus dalam kondisi sehat.
“PG Rajawali berdiri sebagai pihak penjamin bagi petani tebu rakyat,” imbuhnya.
Ia menjelaskan, dengan modal sebesar Rp 500 juta, maka para petani bisa menggarap lahan tebu seluas 2 hektare. Dengan kebutuhan modal sebesar Rp 25 juta per hektare.
“Kalau satu petani mengelola lahan lebih dari 20 hektare, mereka bisa menggunakan nama anggota keluarganya yang sudah terdaftar di koperasi petani tebu,” katanya.
Ditempat yang sama, Ketua umum DPP APTRI, Abdul Wahid mengtakan, di Jawa Barat masih ada 1.500 hektare lahan lagi yang belum tergarap.
Selama tiga tahun, terjadi penurunan lahan tebu yang sangat signifikan di Jawa Barat, sejak tahun 2013 lalu dari total 12 ribu hektare kini hanya tersisa 4 ribu hektare.
“Hal ini tidak bisa dibiarkan, kalau ketahuan petani dari Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa, lahannya bisa digarap mereka. Lahan di Jabar harus dikelola orang Jabar,” tandasnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s