Pemkab Cirebon akan Gelar Karnaval Terbesar di Jawa Barat

Konferensi pers The Caruban Carnival di GOR Ranggajati, Kabupaten Cirebon.

Konferensi pers The Caruban Carnival di GOR Ranggajati, Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kabupaten Cirebon akan menggelar The Caruban Carnival 2016 dengan tema Imagine of Mask. Karnaval yang akan digelar pada Minggu (22/5) mendatang ini, diiklaim sebagai even terbesar di Jawa Barat. Dan akan menjadi agenda tahunan.
Karnaval yang mirip dengan Jember Fashion Carnaval itu bertujuan meningkatkan daya tarik wisata Kabupaten Cirebon. Rencananya, 150 peserta akan terlibat, yang terdiridari pelajar SMA se-Kabupaten Cirebon, mahasiswa, hingga masyarakat umum, baik pelaku fashion maupun pelaku usaha pariwisata.

Para peserta karnaval akan mengenakan kostum-kostum unik yang jarang dilihat masuarakat. Sesuai dengan ta yang diusung, kostum yang akan dikenakan tak jauh dari ornamen topeng. Topeng Lima Wanda sendiri merupakan kesenian khas Cirebon.
Topeng Lima Wanda terdiri dari, Topeng Panji yang akan ditemakan ‘The Imagine of Panji’, Samba (The Imagine of Samba), Rumyang, Tumenggung, dan Kelana. Masing-masing topeng memiliki makna filosofis yang mengacu pada sifat-sifat manusia.
“Karnaval akan digelar sepanjang Jalan Tuparev, mulai Minggu siang sekitar pukul 13.00 Wib hingga sore hari pukul 17.00 Wib,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Hartono, saat konferensi pers di GOR Ranggajati, Kabupaten Cirebon, Rabu 18/5.
Ia menjelaskan, The Caruban Carnival adalah bagian dari Festival Cirebon 2016, yang juga diisi even lain seperti kirab budaya dan pameran kepariwisataan.
“Tema The Imagine of Mask bertujuan untuk menguatkan peran tari topeng Cirebon dalam khazanah kepariwisataan,” katanya.
Karnaval ini, dimulai sejak 2015, diagendakan berlangsung rutin setiap tahun. Tidak hanya meningkatkan daya tarik wisata Cirebon, lanjutnya, even ini juga sekaligus untuk membangun jejaring kepariwisataan.
“Selain itu, sebagai wahana kreatif dan produktif sektor kepariwisataan,” imbuhnya.
Dalam kesempatan yang sama, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra mengklaim, Kabupaten Cirebon sebagai kota pertama di Jabar yang menggelar karnaval terbesar.
“Karnaval ini yang terbesar dan pertama di Jawa Barat,” katanya.
Ia mengaku, walaupun yang pertama mengadakan karnaval adalah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur namun, gelaran ini yang terbaik.
“Kita tidak berbicara yang pertama atau yang kedua, tetapi kita punya yang terbesar dan berkualitas,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s