Bank Indonesia Cirebon Bina Desa Sidamukti Menjadi Desa Wisata

Bupati Majalengka Sutrisno menandatangani prasasti peresmian Desa Sidamukti sebagai Desa Wisata.

Bupati Majalengka Sutrisno menandatangani prasasti peresmian Desa Sidamukti sebagai Desa Wisata.

(Suara Gratia)Cirebon – Desa Sidamukti Kabupaten Majalengka Jawa Barat, menjadi desa binaan Bank Indoneaia Cirebon menjadi desa wisata. Desa yang terletak sekitar 15 km dari pusat Kota Majalengka ini, memiliki potensi luar biasa di bidang pariwisata, dan agrowisata. Namun, potensi yang dapat berdampak positiif bagi perekonomian masyarakat tersebut belum tergarap optimal.
Menurut Kepala Kantor PerwakilanBank Indonesia Cirebon, M. Abdul Majid Ikram potensi wisata Desa Sidamukti sungguh luar biasa, mulai dari potensi wisata religi petilasan Prabu Siliwangi, hingga potensi alam lokasi paralayang, serta wisata agro yaitu mangga gedong.

“Kabupaten Majalengka salah satu Kabupaten di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon yang memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan,” katanya, ditemui usai launching program Bank Indonesia Village Tourism Care and Development atau lebih dikenal dengan “Desa Wisata”, Selasa 24/5.
Ia melanjutkan, melalui program sosialnya BI Cirebon akan melakukan pembinaan kepada warga desa Sidamukti agar potensi wisata dan agrowisata dapat berdampak positif bagi perekonomian.
“Melalui pelatihan, pendampingan secara rutin diharapkan warga mampu berdaya guna mengembangkan produk unggulan daerah menjadi barang yang memiliki value added yang nantinya akan mampu mendukung perekonomian keluarga/ masyarakat di desa tersebut,” ujarnya.
Ia berharap, dampak positif ini tidak hanya dirasakan oleh warga setempat tapi hingga yang lebih besar lagi.
“Desa Sidamukti dengan berbagai potensi tersebut layak dikembangkan dan diharapkan mampu memberikan manfaat bukan hanya kepada masyarakat sekitar, namun juga perkembangan wilayah Ciayumajakuning serta Provinsi Jawa Barat,” tuturnya.
Bupati Majalengka Sutrisno mengatakan, program ‘Desa Wisata’ yang digagas BI Cirebon dapat mempercepat Kabupatem Majalengka menjadi Kota Metropolis.
“Desa Sidamukti merupakan pilihan yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan kami untuk menuju Kota Metropolis,” katanya.
Pihaknya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus memonitoring program tersebut agar benar-benar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
“Apa yang sudah dikembangkan di Desa Sidamukti sudah selayaknya untuk terus dirawat dan dikembangkan,” imbuhnya. (Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s