Jelang Lebaran PT KAI Cek Jalur

Dirut PT KAI Edi Sukmoro, saat melakukan inspeksi di Stasiun Cirebon.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro, saat melakukan inspeksi di Stasiun Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Jajaran Direksi dan Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) beserta jajaran Kementerian Perhubungan, melakukan pengecekan jalur Kereta Api (KA) dengan menyusuri jalur Lintas Utara dan Selatan Jawa. Pengecekan itu dilakukan selama tiga hari yakni mulai Rabu 1 Juni hingga Jumat 3 Juni 2016. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana KA dalam menghadapi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran 2016 mendatang.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, pengecekan jalur tersebut meliputi sejumlah aspek diantaranya adalah pelayanan di stasiun, prasarana di sepanjang jalur, dan sarana di setiap wilayah daerah operasi.
“Masa angkutan Lebaran 2016 tinggal beberapa minggu lagi,” katanya, saat melakukan inspeksi di stasiun Cirebon, Rabu 1/6.
Edi melanjutkan, rombongan pengecekan lintas diberangkatkan dengan KA inspeksi dari Stasiun Gambir untuk Lintas Utara dan Stasiun Bandung untuk Lintas Selatan.
“Setiap tahun kita akan menghadapi hajat besar di dunia transportasi, untuk itu kami dan seluruh jajaran memastikan masyarakat pengguna KA terlayani dengan baik,” imbuhnya.
Ia mengungkapkan, di Lintas Utara dan Selatan Jawa terdapat 214 daerah rawan gangguan alam seperti banjir, tanah longsor, dan ambles. Untuk mengantisipasi potensi gangguan bagi perjalanan KA, pihaknya akan menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dan petugas jaga 24 jam di titik-titik rawan tersebut.
“Seluruh pegawai PT KAI juga diwajibkan untuk siaga di posko di stasiun membantu memberikan pelayanan dan informasi bagi para penumpang,” ujarnya.
Sementara, tahun ini arus mudik diperkirakan akan mengalami puncaknya pada Sabtu 2 Juli 2016 atau H-4 dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu 10 Juli 2016 atau H+3.
“Kami memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 5 persen, dari 5.106.994 penumpang pada tahun 2015, menjadi 5.387.538 pada masa angkutan Lebaran tahun ini,” katanya.
Selain itu, PT KAI akan menyediakan sebanyak 334 perjalanan KA reguler dengan jumlah tempat duduk 198.454 per hari dan 38 perjalanan KA tambahan jumlah seat sebanyak 22.308 per hari.
“Total tempat duduk yang tersedia selama angkutan Lebaran tahun 2016 sebanyak 220.762 per hari, meningkat dari Lebaran tahun lalu sebanyak 214.048 tempat duduk per hari,” ungkapnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s