BNN Kota Cirebon Bentuk Pegiat Anti Narkoba

Pelatihan kader anti narkoba oleh BNN Kota Cirebon.

Pelatihan kader anti narkoba oleh BNN Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon, membentuk pegiat anti Narkotika dan obat-obatan Terlarang (Narkoba). Anggota pegiat anti narkoba berasal dari masyarakat, yaitu tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan (Ormas), Pelajar, dan mahasiswa. Sebelum terjun ditengah masyarakat, mereka dibekali pemahaman mengenai Narkoba oleh BNN Kota Cirebon.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Cirebon, Sidik Lingga Kusuma mengatakan, kader anti narkoba adalah siapa saja yang rela menjaga lingkungannya terhadap bahaya narkoba.

“Mereka yang ditunjuk dan dilatih menjadi kader anti narkoba tentu memiliki kesadaran dan tanggungjawab sosial. Kader yang dibentuk minimal dapat menjembatani program BNN di wilayahnya masing-masing,” katanya, Rabu 1/6.

Sidik mengungkapkan, Kota Cirebon sudah termasuk daerah darurat narkoba, untuk itu ia meminta kepada masyarakat agar dapat mengidentifikasi, jangan sampai antara pemakai dengan pengedar itu disamakan.

“Kalau pemakai bisa direhabilitasi. Ini yang penting agar masyarakat tidak salah dalam menyamakan penyalahguna,” imbuhnya.

Ia mengaku, peredaran narkoba kini punya banyak modus diantaranya adalah salam tempel, dan langsung diantar ke pembeli diantar ke rumah atau kos-kosan.

“Para pengedar memecah narkoba itu ke bagian yang kecil dan siap dijual dari pintu ke pintu,” katanya.

Pihaknya optimis bahwa kader narkoba dapat mengurangi tingkat peredaran dan penyalahguna narkoba di tengah masyarakat.

“Kami optimis. Karena banyak daerah yang belum dapat kami jangkau, oleh karena itu kader narkoba ini dapat menjadi perpanjanagan tangan kami,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s