Menpora Bangga Santri Cirebon Berangkat ke Jepang

Menpora Imam Nahrawi, saat mengunjungi Pesantren Gedongan Cirebon.

Menpora Imam Nahrawi, saat mengunjungi Pesantren Gedongan Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sebanyak 30 santri dari Pondok Pesantren Gedongan Cirebon, asuhan Kyai Muklas Dimyati akan diberangkatkan ke Jepang pada September 2016  mendatang. Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi merasa bangga, karena program magang ini akan memberikan pengetahuan lebih dalam pada bidang ilmu yang ditekuninya

Menpora berpesan kepada para santri untuk tetap kuat iman selagi di Jepang. Karena menurutnya, negeri orang memiliki budaya yang berbeda, namun dengan tekad kuat hal ini bukan menjadi halangan.

“Ini adalah peristiwa bersejarah bagi kalian, apa yg diajarkan para kyai dan guru kita adalah sebagai bekal kita, tidak boleh goyah iman harus kuat seperti karang, meski adaptasi dengan budaya Jepang tidak boleh goyah,” ucap Menpora, Rabu (1/6) malam.

Jepang sangat kreatif dan inovatif dalam berinovasi, para santri ini diharapka harus sungguh-sungguh menjadi peserta, sehingga pengalaman wirausaha yang didapat di Jepang dapa  diaplikasikan di Indonesia.

“Orang yang berilmu itulah nanti yang akan diangkat derajatnya, pesan saya tetap jadilah orang Indonesia yang sopan dan santun sekembali dari Jepang tetap jadilah orang Indonesia,” katanya.

Kerjasama ini telah terselenggara selama dua tahun lebih antara IM Japan, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Pondok Pesantren Gedongan.

“Hingga kini sudah ada 211 santri yang magang di Jepang. Mereka ditempatkan di perusahaan dalam negeri Jepang, setiap santri nantinya akan mendapatkan 600 ribu yen atau sekitar Rp 60 hingga Rp 70 juta,” jelas Direktur Pemagangan Jepang dan salah satu pengurus Ponpes Gedongan Ade Tohir Imam.

Ia pun berharap, sekembalinya ke Indonesia mereka dapat menjadi pengusaha muda yang sukses, berkarakter, dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Indonesia.

“Kami berharap para santri dengan program ini mereka bisa menjadi pengusaha muda di tempat dimana Ia tinggal dan hal ini sangat mendukung dengan visi misi pemerintah,” ujarnya. (Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s