Kasus Razia Warung di Serang Bukti Ketegasan Pemerintah Tangani Kasus Intoleransi

Anggota DPR RI Komisi VIII KH. Maman Imanulhaq.

Anggota DPR RI Komisi VIII KH. Maman Imanulhaq.

(Suara Gratia)Cirebon – Kasus Saeni yang menjadi korban razia warung di Kota Serang menjadi momentum strategis bagi pemerintah untuk mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) tentang isu intoleransi. Mengingat insiden penutupan warung tersebut diwarnai aksi intimidasi, kekerasan, dan pemaksaan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang.

Menurut Anggota DPR RI Komisi VIII KH. Maman Imanulhaq sekaligus Wakil Ketua Dakwah PBNU, Pemerintah Pusat punya kepentingan untuk bertindak cepat serta menggunakan kasus ini sebagai pertanda komitmen keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan kasus berbau diskriminasi.

“Kasus ini memang sederhana, mudah diselesaikan. Berbeda dengan kasus yang sangat kompleks seperti soal rumah ibadah, soal kepercayaan Suni/Syiah atau Ahmadiyah, kasus ini tidak multidimensional. Tapi kasus ini harus menjadi momentum pemerintah pusat untuk bertindak tegas, serius, dan cepat dalam menangani kasus Peraturan Daerah (Perda) dan aparat Pemda yang diskriminatif,” katanya, Senin 13/6.

Walaupun netizen dan masyarakat bergerak, dan di tingkat elit sudah ada pernyataan, namun jika tidak ada tindakan tegas semua itu hanya akan menjadi diskursus semata.

“Harus ada hukuman yang tegas. Misalnya Satpol PP diberi sanksi dan hukuman tegas. Bupati mencabut himbauan yang diskriminatif dan Pemda mengganti kerugian kepada rakyat,” imbuhnya.

Jika langkah tegas itu dilakukan, lanjutnya, maka efek muatan politisnya akan terasa sangat luar biasa.

“Masyarakat akan mengapresiasi, Pemda akan lebih hati-hati, Satpol PP tidak berani semena-mena, dan tidak kalah penting tumbuh kepercayaan publik bahwa pemerintah tidak hanya berhenti di imbauan saja tetapi serius dan tidak mentolerir semua regulasi dan kebijakan yang diskriminatif,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s