Tidak Laik Jalan, Bus ini Gagal Berangkat

Sekretaris Jendral Kementrian Perhubungan Sugihardjo, saat melakukan pemantauan mudik di terminal Harjamukti Cirebon.
Sekretaris Jendral Kementrian Perhubungan Sugihardjo, saat melakukan pemantauan mudik di terminal Harjamukti Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Satu unit Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) gagal berangkat. Bus yang tengah ngetem di Terminal Harjamukti Cirebon gagal berangkat karena, setelah diperiksa Bus ini tidak laik jalan. Keputusan tersebut, langsung ditegaskan Sekretaris Jendral Kementrian Perhubungan Sugihardjo, saat melakukan pemantauan mudik di terminal Harjamukti, Kamis 30/06/2016. “Tadi ditemukan satu bus yang tidak laik jalan jurusan Cirebon – Semarang,” kata Sugihardjo di Cirebon.
Menurutnya, pemeriksaan Bus dilakukan jelang arus mudik untuk menjamin keselamatan para pemudik, agar mereka bisa selamat sampai tujuan.
“Kondisi bus menjelang mudik harus laik jalan ini tidak bisa ditawar,” tegasnya.
Bagi Bus yang akan mengangkut para pemudik, Sugihardjo meminta kepada pengelola terminal untuk bisa memeriksa lima hal yang harus dipenuhi.
“Kelima hal tersebut yaitu ban tidak boleh gundul dan vulkanisir, kaca tidak boleh retak, speedometer harus ada, memiliki rem tangan dan sabuk pengaman,” terangnya.
Sugihardjo menjelaskan, jika bus tidak memiliki speedometer, maka pengemudi akan memacu kendaraannya dengan tidak terkontrol dan hanya menggunakan feeling saja. Hal tersebut cukup membahayakan keselamatan.
“Makannya harus ada speedometer, biar bisa mengukur kecepatannya,” kata Sugihardjo.
Diketahui, setelah melakukan pemeriksaan satu Bus yang keberangkatannya digagalkan, karena bus tersebut tidak dilengkapi dengan speedometer, rem tangan dan sabuk pengaman. Penumpang yang terlanjur menggunakan Bus itu pun terpaksa dipindahkan.
“Demi keselamatan penumpang, Bus ini tidak boleh jalan. Penumpangnya dipindahkan ke Bus yang lebih aman,” ujar Sugihardjo.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s