Tol Cipali Telah Lewati Puncak Arus Mudik

Volume kendaraan di tol Cipali terlihat menurun pada Minggu 03/07/2016 siang.

Volume kendaraan di tol Cipali terlihat menurun pada Minggu 03/07/2016 siang.

(Suara Gratia)Cirebon – Memasuki H-3 Lebaran atau Minggu 03/07/2016 tol Cikopo – Palimanan (Cipali) telah melewati masa puncak arus mudik. Karena sampai Sabtu 02/07/2016 kemarin, kendaraan yang melintas Gerbang Tol (GT) Palimanan Cirebon mencapai 61.000 kendaraan per hari, sementara prediksi jumlah kendaraan pada puncak arus mudik tahun 2016 ini menurut PT Lintas Marga Sedaya (LMS) adalah 65.000 kendaraan per hari.

Menurut Wakil Direktur Utama PT LMS Hudaya Arryanto, tol Cipali telah melewati masa puncak arus mudik, karena volume kendaraan yang melintas di GT Palimanan Cirebon mendekati prediksi.
“Prediksi kami saat puncak arus mudik, volume kendaraan di Cipali mencapai 65.000 kendaraan per hari. Sejak awal masa mudik Lebaran hingga Sabtu kemarin volume kendaraan di tol Cipali mencapai 61.000 kendaraan per hari ,” katanya, ditemui di GT Palimanan, Minggu 03/07/2016.
Ia melanutkan, volume kendaraan di tol Cipali pada hari ini meningkat sebanyak 4 persen dibanding hari sebelumnya.
“Sabtu kemarin sejak pukul 06 WIB sampai pukul 14.00 WIB kendaraan yang melintas sebanyak 21.800, sedangkan pada Minggu 03/07/2016 dengan periode yang sama jumlah kendaraan meningkat sebanyak 22.400 kendaraan,” lanjutnya.
Ia menyatakan, hingga H-3 arus mudik lebaran tidak ada penumpukan kendaraan yang parah di sepanjang ruas tol Cipali, karena untuk mengurai kemacetan di Brebes pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas.
“Pengalihan kendaraan keluar melalui GT Sumberjaya bukan dipicu oleh adanya kepadatan di tol Cipali, tetapi lebih dilihat dari strategi secara keseluruhan. Bagaimana mengurangi laju kendaraan di wilayah Brebes, karena kemarin kendaraan telah terkonsentrasi di pintu keluar Brebes,” katanya.
Sementara, untuk mengurangi kemacetan di Brebes pengalihan arus kendaraan ke arah Pantura pun dilakukan dari tol Cikampek. Sehingga, volume kendaraan di tol Cipali memasuki pukul 13.00 WIB terjadi penurunan.
“Di dalam tol Cipali pun terjadi penurunan volume kendaraan, karena dari Cikampek petugas mengalihkan kendaraan ke jalur Pantura arah simpang Jomin. Ada juga yang diarahkan ke jalur Tengah,” terangnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s