H+5 Lebaran, Arus Balik di Tol Cipali Baru 65%

Antrian kendaraan di GT Palimanan Cirebon pada arus balik Lebaran.

Antrian kendaraan di GT Palimanan Cirebon pada arus balik Lebaran.

(Suara Gratia)Cirebon – Memasuki H+5 Lebaran (Selasa 12/07/2016), jumlah kendaraan ke arah Jakarta yang melintas di tol Cipali baru mencapai 65 persen. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir pekan ini. Selama arus mudik antara H-7 (Rabu, 29/06/2016) lalu hingga hari kedua Lebaran (Kamis, 07/07/2016) tercatat 394.400 kendaraan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Palimanan menuju arah Jawa Tengah. 

Menurut, Hudaya Arryanto, Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), arus balik kendaraan yang melintas di GT Palimanan menuju arah Jakarta sejak hari kedua Lebaran (Kamis, 07/07/2016) hingga H+4 (Senin, 11/07/2016) tercatat sekitar 252.700 kendaraan.
“Dengan demikian diperkirakan sejauh ini baru sekitar 65% kendaraan mudik yang kembali ke Jakarta. Sisa arus balik diperkirakan akan terbagi hingga akhir pekan ini,” katanya, Selasa 12/07/2016.
Ia melanjutkan, arus balik yang melintas Tol Cipali dari arah Cirebon ke Jakarta yang masuk di GT Palimanan pada H+4 pukul 06.00 WIB hingga Selasa (12/07/2016) pukul 06.00 WIB adalah sebanyak 59.410 kendaraan/hari.
“Volume kendaraan hari Selasa (12/07/2016) lebih tinggi 2,5% dibanding volume pada hari sebelumnya yang tercatat sebesar 58.010 kendaraan/hari,” terangnya.
Walaupun rata-rata volume arus balik di Sabtu, Minggu dan Senin kemarin cukup tinggi, arus kedatangan kendaraan di GT Palimanan menuju Jakarta, tersebar relatif merata setiap jamnya, sehingga transaksi di gerbang tol dapat berjalan optimal, tidak terjadi antrian yang signifikan.
“Hal ini dapat terjadi juga berkat kesigapan para petugas di gerbang tol dan partisipasi para pengendara untuk mempersiapkan kartu tol dan pembayaran baik secara tunai maupun e-payment,” katanya.
Ia mengimbau, untuk mempercepat transaksi di gerbang tol masyarakat sudah menyiapkan kartu tol dan uang pas sebelum memasuki gerbang tol.
“Pembayaran dengan e-payment juga dianjurkan, karena lebih cepat dan praktis. Sesuai dengan masa berlakunya, mulai Senin 11 Juli 2016 kemarin program voucher prabayar, program pembulatan tarif, dan program diskon 20% penggunaan e-payment telah berakhir,” ungkapnya.
Pihaknya, mengapresiasi para pemudik yang telah mengatur waktu perjalanan baliknya dalam beberapa hari terakhir dan menghimbau agar masyarakat yang masih belum melakukan perjalanan balik untuk terus mengatur waktu perjalanannya dengan memantau lalu lintas di rute yang akan dilaluinya, agar tidak terjebak kemacetan.
“Pengendara disarankan memperhatikan informasi baik di media cetak maupun elektronik mengenai kondisi arus balik terkini. Agar tidak terjebak kemacetan dan mengetahui jalur-jalur alternatif,” pungkasnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s