Ini Bahayanya Bermain Pokemon Go Sambil Berkendara

Pemain Pokemon Go tengah menangkap monster di salah satu sudut Kota Cirebon.

Pemain Pokemon Go tengah menangkap monster di salah satu sudut Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Merebaknya game Pokemon Go di Indonesia, merupakan kabar gembira bagi para gamer. Tak terkecuali di Kota Cirebon, sejumlah remaja dan pemuda di ‘Kota Udang’ ini mulai menggemari permainan yang menghubungkan dunia maya dengan dunia nyata. Di sisi lain, Pokemon Go memiliki dampak buruk terhadap keselamatan terutama pengendara kendaraan roda dua dan roda empat, tidak menutup kemungkinan pengguna jalan lainnya pun turut menjadi korbannya.
Menurut, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Rahayu, game Pokemon Go tergolong permainan yang aman jika dilakukan di tempat dan di waktu yang tepat.“Bagi pengendara roda dua maupun roda empat, justru sangat berbahaya jika berkendara sambil bermain Pokemon Go. Selain diri sendiri, bisa-bisa orang lain pun jadi korbannya,” katanya, Senin 18/07/2016.
Bermain Pokemon Go sambil berkendara, lanjutnya, akan menyebabkan pengemudi hilang konsentrasi dan dapat mengakibatkan kecelakaan.
“Kita tidak melarang permainannya silahkan saja tapi, dimana dulu mainnya. Tidak boleh sambil nyetir,” tegasnya.
Untuk meminimalisir kecelakaan akibat pengendara yang bermain Pokemon Go pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, selain itu pihaknya pun akan memasang spanduk himbauan si beberapa titik strategis di Kota Cirebon.
“Untuk antisipasi kita akan sosialisasi ke sekolah-sekolah, karena kebanyakan yang main Pokemon Go anak-anak usia sekolah,” terangnya.
Sementara, salah seorang pemain Pokemon Go, Ruli (29 Tahun) warga Kelurahan Kesenden Kota Cirebon mengaku, bermain Pokemon Go untuk mengisi waktu luang di luar jam kerjanya.
“Mainnya pas pulang kerja atau jam istirahat. Lumayan, buat hiburan melepas lelah ” katanya
Dalam berburu monster ia selalu menggunakan kendaraan roda dua, karena kendaraan ini dinilai lebih praktis dan lebih cepat.
“Nangkap monsternya naik motor sambil jalan pulang. Kalo ada monsternya berhenti dulu, terus ditangkap. Pake motor bisa sambil jalan-jalan dan lebih cepat,” ujarnya.
Sejak satu minggu lalu ia memainkan permainan ini, sudah sebanyak 15 monster yang berhasil dikumpulkannya dan akan terus bertambah.
“Ada juga game lain di hanphone, sekarang lebih sering main yang Pokemon Go, biar levelnya tambah tinggi,”katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s