KPK Luncurkan Aplikasi Anti Korupsi

Ketua KPK Agus Rahardjo di Pondok Pesantren Kempek Cirebon.

Ketua KPK Agus Rahardjo di Pondok Pesantren Kempek Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Maraknya tindak pidana korupsi yang terjadi di Indonesia, membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berinisiatif untuk membuat apikasi, yang dapat memudahkan bagi masyarakat untuk melaporkan tindak pidana korupsi di wilayahnya masing-masing. Hal ini diungkapkan, Ketua KPK Agus Rahardjo saat menghadiri pembukaan Sidang Pleno PBNU di Pondok Pesantren Kempek Cirebon, Minggu 24/07/2017.
Ia mengatakan, bahwa pihaknya membutuhkan bantuan masyarakat untuk melaporkan segala tindak kejahatan korupsi atau apapaun yang merugikan negara.“Untuk memudahkan hal tersebut, KPK sudah membuat aplikasi dengan basis android, yang nantinya bisa dijadikan sebagai media untuk melaporkan kasus korupsi,” katanya, Minggu 24/07/2016 di Cirebon.
Menurutnya, warga setempat memilikii peranan penting dalam memberantas praktek korupsi karena mereka lebih tahu wilayahnya sendiri.
“Sebenarnya yang lebih tahu permasalahan diwilayahnya itu ya warga sendiri. Oleh karena itu, kita buatkan aplikasi untuk melaporkannya,” lanjutnya.
Agus menjelaskan, dalam aplikasi ini, warga bisa melaporkan sejumlah tindakan korupsi seperti pungli dan lainnya, dengan tingkat kerugian tidak terbatas.
“Walaupun KPK hanya akan menindaklanjuti kerugian negara yang mencapai 1 milyar, namun kami mempersilahkan warga menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan nominal yang dibawah 1 milyar,” ujarnya.
Untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kasus korupsi melalui aplikasi, pihaknya akan bekerjasama dengan kepolisian.
“Kita akan bekerjasama dengan kepolisian, kejaksaaan dan lainnya. Bisa lapor masalah apapun, masalah sekolah, penyelewengan dana desa dan lainnya,” ujar Agus.
Aplikasi tersebut diberi nama sesuai dengan lembaga yang dituju. Untuk rumah sakit ada “jaga rumah sakit”, untuk sekolah yaitu “jaga sekolah” dan “jaga perizinan” untuk masalah perizinan. Agus menuturkan, salah satu aplikasi tersebut akan dilakukan soft launching pada minggu ini.
“Insya Allah ada yang akan di soft launching pada minggu ini,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s