Jumlah IRT di Kota Cirebon yang Terpapar HIV Lebih Banyak Daripada yang Beresiko

Sekretaris KPAI Kota Cirebon, Sri Maryati.

Sekretaris KPAI Kota Cirebon, Sri Maryati.

(Suara Gratia)Cirebon – Sebanyak 46 Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kota Cirebon, terpapar virus HIV. Jumlah ini lebih tinggi dibanding kelompok yang lebih beresiko diantaranya adalah Pekerja Seks Komersial (PSK) yang terpapar HIV yakni sebanyak 36 orang.
Sekretaris Komisi Penagnggulangan HIV AIDS (KPAI) Kota Cirebon, Sri Maryati, mengatakan, penyebab banyaknya IRT yang terpapar HIV karena ditularkan dari sang suami, karena dari sebanyak 374 kasus HIV 243 penderitanya adalah laki-laki.“Ibu rumah tangga lebih tinggi dibandingkan pekerja seks komersial,” katanya, saat ditemui di Kantor Wali Kota Cirebon, Rabu (03/08/2016).
Sri melanjutkan, jumlah keseluruhan kasus HIV di Kota Cirebon hingga Mei 2016 ini, berjumlah 778 orang. Namun jumlah tersebut digabungkan dengan warga luar Kota Cirebon yang bekerja atau tengah menjalani perobatan di Cirebon.
“Kalau yang ber KTP Kota Cirebon hanya 374 saja, sisanya adalah warga luar Kota Cirebon,” ungkapnya.
Selain itu, data yang dimiliki oleh KPAI Kota Cirebon, menyebutkan ada juga pelajar, mahasiswa dan PNS yang terpapar HIV. Kondisi ini menjadi perhatian serius bagi KPA untuk lebih maksimal lagi dalam melakukan sosialisasi di masyarakat.
“Pelajar satu orang, mahasiswa satu orang dan empat orang yang berstatus PNS,” bebernya.
Untuk menanggulangi maslah ini menjadi lebih besar, KPA Cirebon tengah melakukan tes HIV untuk calon pengantin, ibu hamil, dan juga kelompok beresiko.
“Kami juga mendukung adanya surat edaran dari Wali Kota Cirebon kepada seluruh pimpinan perusahaan, untuk ikut melakukan pencegahan HIV ditempat kerja,” tutupnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s