Pemalsu KTP di Cirebon Ditangkap Petugas

Kapolres Ciko AKBP Indra Jafar menunjukkan KTP palsu.

Kapolres Ciko AKBP Indra Jafar menunjukkan KTP palsu.

(Suara Gratia)Cirebon – Seorang pria bekas pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, ditangkap polisi karena diduga melakukan pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).Petugas dari Polres Cirebon Kota (Ciko) mengamankan S (45 Tahun) warga Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Daricpelaku petugas mengamankan barang bukti berupa 8 blanko KTP reguler, 7 buah plastik KTP, 6 buah KTP palsu, 3 blanko Kartu Keluarga, 1 blanko KTP asli yang dikosongkan, dan 2 buah Kartu Keluarga.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Indra Jafar mengatakan, untuk KTP yang dipalsukan berupa KTP non-elektronik. Sekotat 50 orang dari Kota Cirebon maupun Kabupaten Cirebon, telah menjadi korban S.
“Para korban rata-rata membutuhkan KTP cepat untuk bekerja hingga keperluan pengajuan kredit ke bank,” katanya, Senin 22/08/2016
Dia mengungkapkan, S merupakan residivis untuk kasus serupa. Dia sebelumnya pernah ditahan selama enam bulan karena memalsukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Kabupaten Cirebon.
“S memaslukan KTP selama lima bulan. Kepada para korbannya, dia mematok harga Rp 100 ribu per KTP,” imbuhnya.
Pihaknya, sejauh ini masih mendalami lebih jauh perbuatan S, termasuk lokasi penyetakan dokumen hingga kemungkinan adanya pelaku lain.
“Kasus ini masih akan kami kembangkan, kemungkinan ada jaringannya. Pelaku diancam hukuman lima tahun penjara,” tegasnya.
Sementara, di hadapan polisi S mengaku, dalam melancarkan akainya dia dibantu seorang mediator yang diberi upah sebesar Rp 50 ribu per orang.
“Saya cetak KTPnya pakai printer. Kebanyakan mereka minta dibuatkan KTP (palsu) karena butuh kredit ke bank,” terangnya.
Ia pun mengaku, jika dirinya pernah menjadi PNS di kelurahan di lingkungan Pemkab Cirebon.
“Saya pernah dinas di Pemkab Crrbon. Dipecat sekitar tahun 2011 karena memalsukan STNK dan ditahan enam bulan,” ungkapnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s