PLTU Cirebon Tingatkan Inovasi Usia Dini

President Director PLTU Cirebon Heru Dewanto (kanan), Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (paling kiri), dan Sekjen YCAB Foundation M. Farhan (Kedua dari kiri) saat meninjau fasilitas di dalam mobil belajar.

President Director PLTU Cirebon Heru Dewanto (kanan), Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (paling kiri), dan Sekjen YCAB Foundation M. Farhan (Kedua dari kiri) saat meninjau fasilitas di dalam mobil belajar.

(Suara Gratia)Cirebon – Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkom Info) tahun 2015, terdapat 80,1% wilayah pedesaan dan 58,1% daerah perkotaan yang belum mendapat akses komputer. Di Indonesia  sendiri hanya 29,8% rumah tangga yang memiliki akses komputer. Kemudian, dalam Global Innovation Index (GII) 2015, Indonesia ranking ke 97 dari 141 negara. Ranking berdasarkan indikator Skor PISA dari rata-rata nilai matematika, membaca, dan sains anak Indonesia.

Beberapa fakta di atas telah membuktikan bahwa pengetahuan teknologi komputer di  Indonesia masih belum merata. Ditambah lagi tingkat nilai inovasi masyarakat Indonesia  yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. Hal  ini cukup memprihatinkan mengingat soft skill seperti ini penting terutama bagi generasi muda yang akan menghadapi  era teknologi modern. Oleh karena itu, PLTU Cirebon dan YCAB Foundation  (Yayasan Cinta Anak Bangsa) mengadakan sebuah program bertema “Teknologi dan Inovasi”.
President Director PLTU Cirebon Heru Dewanto mengatakan, membangun generasi muda merupakan modal penting bagi bangsa untuk mengejar ketertinggalan dalam aplikasi teknologi terkini.
“Kami percaya dengan membangun generasi muda, kita dapat bersama membangun bangsa ini. Program ini sejalan dengan semangat Corporate Social Responsibility (CSR) kami yaitu pendidikan, kesehatan,  dan pemberdayaan ekonomi,” katanya, Rabu 31/08/2016.
Pihaknya berharap, program Teknologi dan Inovasi membawa kesadaran bagi anak usia dini untuk menggeluti teknologi di segala bidang, dan mengetuk para orang tua agar mendukung anak-anaknya melek teknologi.
“Kami berharap program  ini dapat memberikan dampak nyata menciptakan anak muda Cirebon yang kritis, kreatif, berani berinovasi,  dan melek teknologi. Hal ini tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh institusi pendidikan dan peran orang tua,” imbuhnya.
Program ini menjangkau anak muda Cirebon usia 9-12 tahun. Program Teknologi dan Inovasi mencakup 2 aktifitas yaitu Mobil Belajar PLTU Cirebon dan Story Telling  Motivasi Berinovasi berdasarkan buku berjudul “Inovasi” yang ditulis sendiri oleh Heru Dewanto. Format dan isi buku ini dirancang sesuai dengan sasaran usia pembaca,  yaitu berupa buku ilustrasi yang bercerita.
Menurut Sekretaris Jenderal YCAB Foundation M.Farhan, mobil belajar merupakan sarana efektif untuk menjangkau minat baca dan belajar anak usia dini. Karena mobil ini didukung dengan fasilitas yang memadai dan di desain senyaman mungkin untuk belajar
“Kami menggunakan mobil belajar karena sudah terbukti mampu menjangkau anak muda di berbagai wilayah yang memiliki akses terbatas. Sedangkan pendekatan story telling  adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan inovasi kepada anak-anak usia SD,” katanya.
Sebagai bentuk komitmen terhadap terlaksananya program ini, PLTU Cirebon dan YCAB mengadakan acara peresmian program Teknologi dan Inovasi yang diadakan pada Rabu, 31
Sementara Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengatakan, program ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat sejak usia dini untuk berinovasi agar bangsa ini tidak ketinggalan teknologi.
“Kami sangat senang dengan terlaksananya program ”Mobil Belajar PLTU Cirebon” yang  mengedepankan Teknologi dan Inovasi di wilayah Kabupaten Cirebon. Tentunya kami sangat mendukung pelaksanaan program tersebut yang berfokus pada pengembangan kualitas generasi muda Cirebon,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s