Kapolres Ciko akan Tindak Tegas Pelaku Pungli

Kapolres Ciko AKBP Indra Jafar menyapa warga yang hendak membayar pajak kendaraan di kantor samsat.

Ditengah Sidak, Kapolres Ciko AKBP Indra Jafar menyapa warga yang hendak membayar pajak kendaraan di kantor samsat.

(Suara Gratia)Cirebon – Untuk memastikan tidak ada pungutan liar di institusi yang dipimpinnya, Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Indra Jafar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Samsat. Kapolres mendatangi Samsat di jam sibuk pelayanan yakni pada Jumat (14/10/2016) sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah berkeliling melihat secara langsung bagaimaan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, ia menyempatkan diri menyapa warga yang tengah menunggu giliran membayar pajak kendaraan. Selain itu, ia sendiri mensosialisasikan pembayaran pajak kendaraan bermotor via online dan ATM.

Indra mengaku, sebelum ada intruksi dari Presiden RI Joko Widodo pihaknya sudah lebih dulu membersihkan pungli di lingkungan kepolisian.“Kita sudah melakukannya sebelum ada instruksi dari Presiden,” katanya, Jumat 14/10/2016.
Ia menegaskan, tidak akan segan-segan menindak anggotanya jika terbukti melakukan pungli, bahkan sampai pemecatan tidak hormat. Dan masyarakat pun diimbau untuk turut memantau sentra pelayanan kepolisian, jika ada pungli diminta untuk segera melapor.
“Kita lihat saja, kalau laporan itu benar pelakunya akan ditindak tegas, kita tidak main-main jangan sampai masyarakat dirugikan. Kalau masyarakat merasa dipersulit atau dimintai sejumlah uang yang tidak jelas pertanggungjawabannya silahkan melapor,” ujarnya.
Indra menjelaskan, proses pembayaran pajak bermotor sebenarnya mudah dan cepat asalkan surat-suratnya dan pesryaratannya lengkap, masyarakat pun diminta tidak memberikan uang jasa atau apapun kepada petugas diluar yang tertera dalam surat administrasi.
“Kepolisian selalu mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat, sehingga pembayaran pajak bermotor bisa lebih cepat, bahkan tidak perlu datang ke kantor Samsat karena bisa dilakukan melalui ATM,” tuturnya.
Bank yang sudah dapat melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM diantaranya adalah BJB, BNI, BCA, BRI. Untuk sementara pembayaran melalui ATM ini hanya bisa dilakukan di wilayah Jawa Barat.
“Kalau bayar melalui ATM, syaratnya nama dan nomor KTP harus sama dengan yang tertera di STNK,” katanya.(Frans C Mokalu)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s