Daop 3 Cirebon Ganti Kereta Lama Dengan yang Baru

Ilustrasi penumpang KA.

Ilustrasi penumpang KA.

(Suara Gratia)Cirebon – Pengguna Kereta Api di Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon siap-siap dimanjakan dengan kereta keluaran terbaru. PT Kereta Api Indonesia akan mengganti rangkaian KA lama yang berumur diatas 20 tahun, diantaranya adalah KA Cirebon Ekspres dan KA Tegal Bahari relasi Cirebon – Gambir. Rangkaian kereta di dua KA itu khususnya kelas Bisnis (K2) akan diganti dengan rangkaian kereta baru kelas ‘Ekonomi New Image’ atau K3 New.
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, Rangkaian Kereta baru pengganti K2 ini akan dioperasikan mulai tanggal 18 Oktober 2016.

“Sejak tahun 2015, secara bertahap PT KAI mulai mengganti rangkaian kereta lama dengan yang baru,” katanya, Senin 17/10/2016.Penggantian kereta ini menyebabkan perubahan kelas dan tarif, namun secara fasilitas tidak jauh berbeda bahkan lebih baik. Oleh karena itu, pihaknya menyebutkan, bagi penumpang yang telah memesan dan membeli tiket KA kelas Bisnis akan mendapatkan pengembalian bea hari itu juga di stasiun tujuan.
“Ada selisih tarif dari Bisnis ke Kelas Ekonomi New Image. Penumpang akan mendapatkan pengembalian bea tiket sebesar 50 persen tanpa membeli tiket baru. Jika penumpang menolak menggunakan K3 saat keberangkatan akan dikembalikan 100 persen,” terangnya.
Ia melanjutkan, penggantian rangkaian kereta lama dengan yang baru di wilayah Daop 3 Cirebon akan selesai pada akhir tahun 2016.
“Penggantian kereta lama dimulai tanggal 18 Oktober 2016 dan akan selesai di akhir tahun,” ujarnya.
Ia menambahkan, KA jenis K3 full AC ini dirancang lebih apik dengan kapasitas 80 tempat duduk saja dan konfigurasi masing-masing dua seat kanan dan kiri. Dan satu rangkaian kereta K3 ramah terhadap penyandang difabel.
“AC-nya bukan AC split, fasilitas TV di tengah dan di ujung, dan dilengkapi penutup jendela “rolling blind”. Kereta ini juga ramah penyandang difabel,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s