Pangdam III Siliwangi, Rangkul Santri dan Kiai Tangkal Faham Radikalisme

Pangdan III Siliwangi Mayjen TNI M Herindra.

Pangdan III Siliwangi Mayjen TNI M Herindra.

(Suara Gratia)Cirebon – Berkembangnya faham-faham radikalisme di Jawa Barat, menjadi sorotan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Herindra. Ia menganggap, faham radikalisme di Jawa Barat bisa mengancaman stabilitas keamanan. Oleh karena itu, mantan Danjen Kopassus ini, meminta kepada Kiai dan santri, untuk membantu menangkal faham-faham tersebut.

“Kalau saya kan bukan ahlinya. Jadi saya minta kepada para Kiai dan santri, untuk membantu kami menangkal faham-faham tersebut,” ujar Herindra, saat dialog dengan tokoh agama se-wilayah Korem 063/ Sunan Gunung Jati, di Pondok Pesantren Buntet Cirebon, Selasa (18/10/2016).

Hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah tokoh agama dari Kabupaten  Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Kota Cirebon, Subang dan Karawang. Pangdam menuturkan, silaturrahmi ini merupakan salah satu penguat hubungan TNI dan tokoh agama di Jawa Barat. Menurutnya, sinergitas yang dilakukan oleh para tokoh agama dan TNI, menjadi salah satu factor penting untuk menjaga kondusifitas di Jawa Barat.

“Jawa Barat sudah kondusif, tapi kita jangan lengah. Karena ancaman itu akan selalu ada,” ujarnya.

Herindra mengungkapkan, faham radikalisme yang terus berkembang saat ini, memang harus terus diwaspadai. Karena dikhawatirkan, faham-faham ini nantinya berkembang menjadi aksi terorisme. Sehingga, sudah seharusnya, faham-faham tersebut harus segera dieliminir.

“Harus dieliminir, faham-faham radikalisme itu. Jangan biarkan terus berkembang,” katanya.

Walaupun meminta para kiai dan santri untuk menangkal faham radikalisme, namun TNI juga tidak akan tinggal diam. Jika nantinya orang yang bergabung dengan faham radikalisme sudah melakukan ancaman keamanan, maka nanti TNI yang akan bertindak.

“Kalau berbicara masalah faham-faham, kiai ahlinya. Tapi kalau sudah menebar ancaman apalagi menggunakan senjata, nanti TNI yang akan turun tangan,” kata Pangdam.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s