Daop 3 Cirebon Kerahkan Rail Clinic Layani Kesehatan Gratis di Tiga Desa

Pelayanan kesehatan gratis di Rail Clinic.

Pelayanan kesehatan gratis di Rail Clinic.

(Suara Gratia)Cirebon – Kesehatan merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat. Namun, masyarakat miskin seringkali sukit mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, terlebih mereka tinggal di daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan. PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon menjawab kebutuhan itu dengan mengerahkan Rail Clinic.

Manajer Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan, sedikitnya 300 warga di Desa Damarguna, Ciledug Tengah, dan Ciledug Lor Kabupaten Cirebon mendapat pelayanan kesehatan gratis nelalui Rail Clinic.“Rail Clinic merupakan retrofit Kereta Rel Diesel (KRD) dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan. Rangkaian Rail Clinic terdiri atas 2 kereta yang masing–masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, KIA, pemeriksaan kesehatan mata dan penyuluhan kesehatan,” terangnya, Kamis 20/10/2016.
Dalam kegiatan bakti sosial kali ini, PT KAI menyiagakan tim kesehatan yang terdiri dari dokter umum dan dokter gigi untuk memberikan pelayanan kesehatan.
“Sebagai bentuk tanggungjawab sosial kepada masyarakat di lingkungan sekitar jalur KA. Dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial pelayanan kesehatan gratis dengan kereta kesehatan Rail Clinic untuk masyarakat di sekitar Stasiun Ciledug,” ungkapnya.
Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis, pihaknya juga memberikan alat bantu kesehatan.
“Kami juga menyakurkan bantuan kacamata gratis untuk 50 siswa SD Damarguna 1, 2, dan MIS I’anatul Mubtadiin,” tuturnya.
Rail Clinic sendiri merupakan kereta kesehatan pertama yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatan jalur KA, sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.
“Dibuatnya Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s