Hari Santri, Pengguna Jalan di Cirebon Dapat Sarung Gratis

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon Ustadz HM Ujang Busthomi, membagikan sarung kepada pengguna jalan.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon Ustadz HM Ujang Busthomi, membagikan sarung kepada pengguna jalan.

(Suara Gratia)Cirebon – Hari Santri tanggal 22 Oktober diperingati di seluruh pelosok tanah air. Sebagian besar menggelar kirab atau upacara bendera ala santri. Namun di Cirebon, diperingati berbeda. Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Cirebon memperingati Hari Santri dengan cara yang cukup unik, yakni membagikan sarung kepada pengguna jalan.
Pembagian sarung ini digelar di Jalan Pangeran Cakrabuana di depan sekretariat PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, Sabtu 22/10/2016.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon Ustadz HM Ujang Busthomi mengatakan, pembagian sarung ini sengaja dilakukan untuk memeriahkan Hari Santri. “Sarung dipilih sebagai simbol yang lekat dengan dunia santri. Dalam kesehariannya, santri tidak bisa dilepaskan dari sarung sejak zaman dahulu hingga sekarang,” katanya, Sabtu 22/10/2016.
Menurutnya, masyarakat tidak banyak yang mengetahui bahwa tanggal 22 Oktober adalah hari Santri. Dan, di hari itu pula, resolusi jihad dikobarkan.
“Dengan pembagian sarung, kami ingin mensosialisasikan Hari Santri kepada masyarakat luas. Banyak yang belum mengetahui bahwa tanggal 22 Oktober ini adalah hari santri, hari dimana resolusi jihad dikobarkan oleh Hadratus Syeikh Mbah Hasyim Asy’ari,” ungkapnya.
Menurut Ustadz Ujang, dengan pembagian sarung ini diharapkan masyarakat luas mengetahui sejarah hari santri dan menghargai jasa ulama dan santri yang turut andil langsung dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
“Total jumlah sarung yang dibagikan mencapai 444 sarung. Jumlah tersebut disesuaikan dengan pembacaan sholawat nariyah yang digelar GP Ansor Kabupaten Cirebon yang sudah dilaksanakan malam sebelumnya,” terangnya.
Salah seorang warga yang melintas, Handi mengaku, tidak tahu kalau hari ini merupakan hari santri. Mulai hari ini, ia akan mengingat hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.
“Hari ini hari santri ya?. Maaf saya baru tahu ini. Selamat hari santri. Terima kasih sarungnya ya,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s